Pemerintah Kota Surakarta
Opening Blangkon Fest 2022
  September 11, 2022 12:45

Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka mendampingi  Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meninjau Opening Blangkon Fest 2022, yang bertempat di Rumah Dinas Walikota Surakarta, Loji Gandrung. Adapun acara pembukaan berlangsung pada Jumat (9/9). Acara ini juga dihadiri Jajaran Forkopimda, Asisten Deputi Kementerian Koperasi RI, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta serta OPD terkait.

 

Dalam tinjauannya Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo berbincang dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Surakarta tentang Falsafah Blangkon. Dimana Blangkon ini mempunyai ciri khas dan makna tersendiri tiap bentuk dan bagiannya. Menariknya, sebenarnya Blangkon ini bisa menunjukkan umur ada juga untuk menunjukkan jabatan.

 

Rangkaian acara Blangkon Fest 2022 diadakan pada bulan September, tepatnya pada tanggal 9-11 September 2022. Ada berbagai rangkaian acara yang disajikan, seperti pameran, bazaar UMKM, talkshow, workshop UMKM, bedah budaya, atraksi budaya, Tiktok challenge, dan night performance.

 

Acara ini digagas oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Kota Surakarta yang didukung oleh Pemerintah Kota Surakarta bersama Dinas Pariwisata Kota Surakarta. Adapun tujuan dari diadakannya Blangkon Fest ini adalah untuk pelestarian budaya. Selain itu, acara ini juga sebagai upaya penggerakan ekonomi masyarakat terutama dari komunitas Blangkon.

 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta, Agus Ciptaningtyas juga memberi sambutan dari acara ini. Beliau memberikan ucapan selamat atas terselenggaranya acara ini. Walaupun tidak teranggarkan dengan baik, namun bisa berjalan dengan baik. Beliau berharap nantinya acara serupa dapat dianggarkan agar lebih maksimal. Semoga adanya acara ini dapat membuat perekonomian menjadi lebih baik, bangkit lebih cepat pulih lebih kuat.

 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

426,497

Visitors total

331,352

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta