Pemerintah Kota Surakarta
Informasi Seputar SIMBG Beserta Kegunaanya
  September 12, 2022 13:15

Sistem Informasi Bangunan Gedung (SIMBG) adalah sebuah sistem elektronik berbasis web yang bisa digunakan untuk mengurus IMB, PBG, SLF, SBKBG, RTB, dan pendataan informasi terkait penyelenggaran bangunan gedung. Aplikasi SIMBG sendiri dikeluarkan dan diprakarsai oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). 

 

SIMBG merupakan sistem berbasis website yang didesain untuk memberikan kemudahan pelayanan terhadap masyarakat. Sistem ini diklaim dapat membantu pemerintah kabupaten/kota dalam penyelenggaran pembangunan gedung. Selain itu, sistem ini juga bisa digunakan untuk mengajukan Surat Bukti Kepemilikan Bangunan Gedung, perizinan pembongkaran dan renovasi, serta untuk pendataan kepentingan bangunan. 

 

SIMBG dinilai lebih efektif dibandingkan dengan pengajuan IMB secara manual. Hal ini dikarenakan, sistem pada SIMBG dilakukan secara otomatis dan didokumentasikan kedalam sistem. Sehingga hal ini bisa membuat semua proses pengajuan menjadi teradministrasi dengan baik dan lebih terorganisir. Selain itu, sistem ini juga bisa dapat dikontrol secara terbuka dalam setiap tahapannya. 

 

Sistem SIMBG merupakan sebuah perangkat yang bisa digunakan oleh pemohon yang memerlukan data seperti IMB, PBG, SLF, SBKBG, RTB, dan pendataan informasi terkait penyelenggaraan gedung lainnya. Kemudian sistem ini juga dapat digunakan oleh perangkat daerah yang membidangi urusan perizinan dan pelayanan terpadu satu pintu. Selain itu sistem ini juga bisa digunakan oleh perangkat daerah yang membidangi urusan bangunan gedung. 

 

Dengan adanya sistem SIMBG ini diharapkan, pengajuan mengenai izin bangunan gedung menjadi lebih tertib dan transparan. Selain itu dengan adanya sistem ini bisa memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat mengenai persoalan izin penyelenggaraan bangunan gedung.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,858

Visitors total

330,981

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta