Pemerintah Kota Surakarta
Tidur Berkualitas Berpengaruh untuk Kesehatan
  September 18, 2022 12:25

Banyaknya kegiatan ataupun pekerjaan membuat seseorang terlalu sibuk sehingga sering mengabaikan kepentingan lainnya, seperti makan, mandi, maupun beristirahat atau tidur dengan cukup. Selain banyaknya pekerjaan, seseorang akan kesulitan untuk tidur karena banyaknya pikiran ataupun kondisi tubuh yang sedang kurang fit. 

 

Kurangnya jam tidur pada seseorang mungkin tidak akan berefek secara langsung apabila hanya dilakukan dalam kurun waktu semalam. Namun, akan berbeda cerita ketika seseorang terus menerus mengurangi jam tidur nya. 

 

Jam tidur manusia pada umumnya, yaitu 7 hingga 8 jam dalam sehari. Jika manusia tidur kurang dari jam tersebut maka akan berdampak pada kesehatan tubuh mereka. Mengapa manusia butuh tidur? Hal ini dikarenakan tubuh kita perlu di restart atau ketika kita tertidur, maka tubuh akan memproses organ-organ kita sehingga ketika bangun tidur tubuh akan terasa lebih fresh.

 

Selain itu, tidur yang cukup juga memiliki berbagai manfaat baik bagi kesehatan tubuh. Di antaranya, meningkatkan metabolisme tubuh, meningkatkan daya ingat, menjaga berat badan agar tetap ideal, mengontrol gula darah, meningkatkan konsentrasi dan produktivitas, serta menjaga kesehatan jantung. 

 

Akan tetapi, tidak sedikit orang mengabaikan hal ini. Faktanya kurang tidur dapat menyebabkan berbagai penyakit bagi tubuh manusia, seperti insomnia dan penyakit kardiovaskular. Penyakit kardiovaskular merupakan  gangguan pada  jantung dan pembuluh darah, selain itu daya ingat menurun, munculnya tanda penuaan dini, mudah sakit dan susah sembuh serta menurunnya performa seks. 

 

Berkebalikan dengan hal itu, terlalu sering tidur juga tidak baik bagi tubuh kita. Beberapa penyakit yang dapat terjadi ketika kita terlalu banyak tidur, yakni obesitas, sakit kepala, sakit punggung, diabetes, gangguan mental, hingga penyakit jantung.

 

Oleh karena itu, inilah pentingnya kita memperhatikan kualitas tidur. Anda dapat membuat jadwal tidur untuk memastikan anda tidur tepat waktu. Selain itu, hindari mengkonsumsi makanan  ataupun minuman yang membuat kita susah tidur seperti terlalu banyak mengonsumsi kafein dan alkohol. Ketika Anda masih merasa sulit untuk memiliki jam tidur yang baik, segeralah periksa ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

27

Visitors today

15

Visits total

425,383

Visitors total

330,699

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta