Pemerintah Kota Surakarta
Alun-alun Keraton Kasunanan Surakarta
  September 20, 2022 12:25

Membicarakan soal Kota Solo, pasti tak pernah luput dari Keraton Surakarta. Keraton Surakarta merupakan sebuah warisan budaya Jawa berupa fisik bangunan keraton, benda artefak, seni budaya dan adat tata cara keraton. Keraton Surakarta Hadiningrat atau yang biasa disebut sebagai Keraton Kasunanan Surakarta merupakan istana resmi Kasunanan Surakarta yang terletak di Kota Solo, Jawa Tengah. 

 

Keraton Kasunanan Surakarta memiliki budaya yang kental dan tradisi yang kuat dan masih terjaga hingga sekarang ini. Keraton yang didirikan oleh Pakubuwono II pada tahun 1744 ini masih bersaudara dengan Keraton Kesultanan yang ada di Yogyakarta. Bahkan bangunan dan budaya nya pun juga hampir-hampir mirip. Keduanya sama-sama memiliki dua buah alun-alun yang berada di dekat istana keraton. Alun-alun tersebut juga mempunyai nama yang sama, yaitu alun-alun lor dan alun-alun kidul. 

 

Alun-alun lor Keraton Kasunanan Surakarta, merupakan kawasan yang berada paling depan dari wilayah Keraton Surakarta. Lokasi dari alun-alun ini berada di dekat dengan pasar klewer, dan dijadikan sebagai pintu masuk ke keraton melalui pintu sebelah utara. Terdapat sebuah gapura pada sebelah utara alun-alun. Gapura tersebut bernama Gapura Gladag. 

 

Pada zaman dulu di alun-alun lor terdapat beberapa bangunan dengan berbagai fungsinya masing-masing. Sebelah barat, terdapat pakapalan yang digunakan sebagai tempat menambatkan kuda para abdi dalem dari berbagai daerah yang akan menghadap raja. Sebelah tenggara, berdiri bangsal patalon sebagai tempat gamelan setu yang dibunyikan untuk mengiringi latihan prajurit keraton. Pada bagian tengah terdapat terdapat dua pohon beringin yang dikurung didalam pagar. Sebelah barat terdapat Masjid Agung yang dijadikan tempat sebagai pusat agama Islam. Sebelah barat daya dan timur laut terdapat pintu gerbang Slompretan dan Batangan. 

 

Selain alun-alun lor, di Keraton Kasunanan Surakarta juga terdapat alun-alun kidul. Alun-alun kidul dijadikan sebagai pintu masuk ke keraton melalui pintu sebelah selatan. Pada alun-alun terdapat benteng yang mengelilinginya yang disebut sebagai Gapura Gadhing. Sama halnya dengan alun-alun lor, di alun-alun kidul juga terdapat dua buah pohon beringin kembar yang terletak tepat di tengah-tengah alun-alun. Selain itu di alun-alun juga terdapat tempat untuk merawat kebo bule Kyai Slamet yang biasa dikirab pada acara Gerebek Satu Suro. Kemudian di alun-alun terdapat 2 buah kereta yang diletakkan disebelah kanan dan kiri pintu sebelum masuk ke area keraton. 

 

Meskipun Keraton Kasunanan Surakarta sudah tidak memiliki wewenang dalam pemerintahan, namun eksistensi dan keberadaanya masih tetap dijaga hingga sekarang. Karena Keraton Kasunanan merupakan sebuah warisan yang patut dijaga dan dilestarikan keberadaannya hingga sekarang. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,061

Visitors total

329,916

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta