Pemerintah Kota Surakarta
Wajib Tahu! Pentingnya Rating Game
  September 24, 2022 13:00

Dewasa ini telah banyak permainan online yang berkembang dan makin berinovasi. Ini pula yang membuat anak-anak zaman sekarang lebih tertarik untuk bermain permainan online dibandingkan offline. Namun, sayangnya mayoritas orang tua tidak memperhatikan apakah game yang sedang dimainkan anak aman untuk tumbuh kembang anak atau tidak. Sebab, tidak sedikit masyarakat Indonesia belum sadar akan pentingnya rating game. Lantas, apa itu rating game?

Adanya rating game, akan memudahkan untuk mengetahui batasan umur yang diperbolehkan pada game terkait. Dengan begitu, ini dapat menjadi filter agar anak-anak tidak sembarangan mengakses game yang bukan untuk usianya. Sebab, tidak semua game aman untuk anak-anak. Terdapat visual dan bahkan aturan main pada game yang hanya dimainkan oleh orang dewasa. Hal seperti inilah yang sangat berbahaya dan sebaiknya dicegah sejak awal. Agar anak-anak tidak memainkannya atau meniru tindakan yang tidak semestinya mereka lakukan dalam game.

Perlu diketahui, bahwa rating game memiliki lima kategori. Adapun penggolongan ini dikeluarkan oleh Entertainment Software Rating Board (ESRB), yang merupakan organisasi yang memberi nilai dan informasi terkait konten perangkat lunak supaya bisa diakses menurut usia yang diperbolehkan. Berikut rating game menurut ESRB:

  • E (Everyone)

Dalam tanda ini, menunjukkan bahwa game diperkenankan untuk dimainkan atau diakses segala usia.

  • E 10+ (Everyone 10+)

Rating ini diperuntukkan bagi semua orang/anak yang berusia di atas 10 tahun.

  • T (Teen)

Jika menemukan tanda ini, maka game yang dimaksudkan boleh diakses oleh remaja berumur 13 tahun ke atas.

  • M (Mature 17+)

Game dengan rating ini hanya boleh dimainkan oleh orang yang sudah berumur 17 tahun ke atas.

  • AO (Adults Only 18+)

Sementara, untuk tanda ini hanya boleh diakses oleh orang dewasa atau berusia di atas 18 tahun. Karena, dalam game ini sudah pasti mengandung unsur-unsur konten dewasa yang hanya boleh disajikan untuk usia dewasa saja.

Sebagai orang tua harus cerdas dan bijak dalam memberikan permainan yang sehat untuk anak. Oleh karena itu, orang tua sangat berperan dalam mengawasi segala bentuk tindakan yang dilakukan anak dalam masa perkembangannya. Apabila aktivitas anak dapat terkontrol dengan baik, maka tumbuh kembang anak pun menjadi lebih baik pula. Ayo, ciptakan tontonan yang sehat untuk anak, dengan memperhatikan rating game pada setiap permainannya!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1,260

Visitors today

1,163

Visits total

517,504

Visitors total

411,823

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta