Pemerintah Kota Surakarta
Tempat Istirahat Copet di CFD Solo
  September 25, 2022 12:15

Belum lama ini, Pemerintah Kota Surakarta kembali menyelenggarakan kegiatan Car Free Day (CFD) di sepanjang Jalan Slamet Riyadi. Diadakannya kegiatan ini, disambut baik oleh masyarakat Solo dan sekitarnya. Hal ini menimbulkan antusiasme masyarakat banyak. Maka, menyebabkan adanya penumpukan keramaian di area CFD. 

Dengan situasi tersebut, berdasarkan laporan yang ada di lapangan, banyak pengunjung yang kehilangan barang-barang berharganya karena dicopet. Petugas juga banyak menemukan dompet yang dibuang di sekitar kawasan CFD, tetapi masih identitas pemilik dan sudah tidak ada uangnya. Terkait akan permasalahan ini, Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Surakarta sudah menangani permasalahan tersebut, di antaranya dengan menempatkan tempat istirahat copet di kawasan CFD. 

Adapun tempat istirahat copet akan berupa tenda yang diletakkan di simpang tiga di dekat Pengadilan Negeri Solo. Nantinya, disini akan dijadikan lokasi untuk memberikan efek jera kepada copet. Sebab akan ada sanksi sosial yang diberlakukan, agar pelaku tidak mengulangi perbuatannya lagi. Supaya copet akan berpikir dua kali jika ingin mencopet di kawasan CFD.

Sebelumnya, inisiasi tempat istirahat copet telah dilakukan di Terminal Tirtonadi. Inovasi tersebut muncul ketika banyak masyarakat yang memanfaatkan terminal sebagai prasarana transportasi lebaran. Untuk alasan keamanan, Dishub membangun tempat istirahat copet, agar para pengguna transportasi umum, khususnya bus lebih nyaman dan aman. Bahkan, inovasi ini terbilang sukses, karena mampu menurunkan angka kecopetan atau kehilangan benda berharga di area Terminal Tirtonadi. Oleh karena itu, Dishub kembali menerapkannya untuk kawasan CFD.

Diharapkan, fasilitas ini dapat memberikan manfaat bagi pengunjung CFD. Di samping itu, tempat istirahat copet juga diharapkan menjadi sebuah sindiran kepada copet untuk tidak melakukan aksi kriminalitasnya. Dengan melihat tenda ini, pencopet dapat mengurungkan niatnya untuk mengambil barang-barang berharga milik pengunjung CFD.

Meskipun demikian, keamanan dan keselamatan merupakan tanggung jawab setiap orang. Sehingga, diperlukan juga proteksi yang ekstra terhadap barang bawaan kita, saat berada di tempat keramaian. Usahakan untuk tidak membawa barang yang mencolok atau mengundang para pelaku kejahatan. Mari bersama wujudkan CFD Solo bebas copet!

 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,858

Visitors total

330,981

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta