Pemerintah Kota Surakarta
Langkah Penanganan Peristiwa Kebakaran
  September 29, 2022 12:30

Musibah bisa terjadi dimana saja dan kapan saja. Seperti halnya dengan kebakaran yang tidak dapat diprediksi dimana dan kapan bisa terjadi. Untuk itu, kita harus mencegah sebelum kebakaran melanda. Diperlukan pengetahuan dan bekal yang cukup agar kita mampu menangani jika mengalami situasi kebakaran itu sendiri, sebelum memperoleh bantuan dari pemadam. 

Berikut beberapa langkah yang tepat menghadapi kebakaran:

  • Identifikasi sumber api

Pertama yang harus kamu lakukan adalah jangan panik dan tetap tenang. Sebab jika panik, kamu secara tak sadar akan melakukan hal-hal diluar kendalimu yang bisa saja berakibat fatal untuk keselamatanmu. Carilah sumber api dan sebisa mungkin menjauh dari lokasi tersebut. Segera berteriak dan meminta bantuan dari orang-orang yang ada di luar untuk menyelamatkanmu.

  • Bergerak menjauhi sumber api dengan menunduk

Ketika terjadi kebakaran, barang-barang dan elemen penyusun bangunan akan mudah rapuh dan patah. Oleh karena itu, lindungi tubuhmu dari benda-benda yang mungkin saja menimpamu. Berjalanlah dengan menunduk untuk berusaha keluar dari ruangan yang terbakar. Jika tidak memungkinkan, merangkaklah dan cari lokasi yang sekiranya bisa mendapatkan oksigen cukup, hingga bantuan datang.

  • Lakukan evakuasi secepatnya

Jika kamu telah mengetahui terdapat api yang mulai membesar dan membahayakan, segera beri tahu orang yang berada pada ruangan tersebut. Kemudian, segeralah evakuasi seluruh orang agar tidak timbul korban. Utamakan keselamatan nyawamu, bukan benda dan barang berharga. Apabila berada di lantai atas sebuah gedung, jangan gunakan lift untuk turun ke lantai bawah. Melainkan, gunakan tangga darurat agar lebih aman.

  • Gunakan alat pemadam

Biasanya dalam gedung bertingkat atau fasilitas umum dilengkapi dengan APAR (Alat Pemadam Api Ringan) atau Fire Extinguisher. Manfaatkan benda ini untuk memadamkan api, sembari menunggu tim pemadam kebakaran sampai di lokasi. Jika tidak ada, gunakan handuk basah untuk memadamkan sumber api agar tidak menjalar lebih jauh.

  • Hubungi pemadam kebakaran

Terakhir, apabila api belum bisa terkontrol, hubungi pemadam kebakaran terdekat. Hubungi nomor 113, untuk memanggil petugas kebakaran ke lokasi. Tidak usah khawatir perihal biaya, karena layanan panggilan ini tidak dibebankan biaya telepon. Jangan menunggu api menjadi besar baru menghubungi pemadam kebakaran. Semakin cepat menghubungi tim pemadam, maka api akan lebih mudah dipadamkan. 

Beberapa langkah di atas dapat diterapkan ketika peristiwa kebakaran tiba-tiba menimpa kita. Pastikan, untuk menangani kebakaran dengan tenang dan bijak. Supaya kebakaran tidak bertambah parah atau bahkan menimbulkan korban. 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,061

Visitors total

329,916

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta