Pemerintah Kota Surakarta
Upaya Sederhana Jaga Kesehatan Mental
  October 30, 2022 12:45

Tak kalah pentingnya dengan kesehatan fisik, menjaga kesehatan mental juga harus diperhatikan sejak dini. Karena, apabila ditelisik lebih dalam, permasalahan yang menghambat mental seseorang, akan berakibat juga dengan kondisi fisiknya. Ini akan berpengaruh dalam produktivitasnya dalam aktivitas sehari-hari. Seseorang yang mengalami permasalahan mental akan menjadi lebih pemurung dari biasanya, sehingga ia tidak bisa maksimal dalam menyelesaikan apa yang menjadi tanggung jawabnya. Maka akan banyak aktivitas yang terkendala dan bahkan batal dilakukan.

Oleh karena itu, ada beberapa langkah yang bisa diterapkan untuk mencegah dan mengatasi permasalahan mental, di antaranya:

  • Mengenali diri sendiri

Setiap manusia memiliki isi kepala yang berbeda-beda, artinya mereka punya perbedaan dalam hal ide, pendapat, dan pandangan. Hal ini pula yang harus diketahui oleh masing-masing diri. Kebanyakan penderita permasalahan mental tidak dapat mengendalikan pikiran-pikiran yang ada di kepalanya, sehingga menjadi overthinking. Maka, dengan mengenal diri sendiri, kita akan bisa membatasi hal-hal apa saja yang tidak cocok untuk diri sendiri. Selain itu, kita juga dapat mendeteksi adanya permasalahan mental melalui kebiasaan yang sering kita lakukan.

  • Luangkan waktu untuk diri sendiri

Sesekali kita butuh untuk mengambil waktu sendiri. Dalam kehidupan sering kali kita mengejar target yang ada. Namun, pernahkah kamu memikirkan bagaimana dengan dirimu sendiri? Mayoritas orang tidak sadar, apa yang sedang terjadi pada dirinya. Tidak mustahil jika setiap orang akan merasa lelah dan suntuk dengan rutinitas masing-masing. Diperlukan waktu untuk memanjakan diri sendiri sebagai langkah mengisi energi yang sempat hilang. Lakukan perawatan tubuh, menonton film favorit, maupun mandi air hangat dinilai mampu memenuhi kebutuhan psikis diri sendiri.

  • Hindari sejenak layar

Beri waktu untuk menghindari layar, baik itu laptop, handphone, tablet, televisi, maupun sejenisnya. Terus-menerus berada di depan layar secara tidak langsung akan membuat tubuh menjadi lelah, terutama mata. Setidaknya, luangkan waktu dalam sehari untuk bebas dari layar. Karena jika kecanduan memainkan barang-barang elektronik tersebut, bisa saja berpotensi mengganggu jadwal tidur. Sehingga kualitas tidur menjadi tidak maksimal, dan kesehatan mental juga ikut terganggu.

  • Menulis

Seseorang yang memiliki permasalahan mental akan memikirkan banyak hal dalam kepalanya. Coba pindahkan pikiran tersebut dalam bentuk tulisan. Langkah ini bisa dilakukan jika kamu sulit menceritakan pikiranmu ke orang lain. Kegiatan ini banyak sedikit dapat membantu meringankan beban pikiran.

  • Rutin berolahraga

Dengan melakukan aktivitas berolahraga, terutama di luar ruangan, kamu dapat merasakan udara segar. Secara otomatis, tubuhmu akan mengirim sinyal ke otak untuk menghasilkan perasaan yang lebih rileks dan tenang. Oleh karena itu, berolahraga yang rutin minimal 30 menit per hari, dipercaya efektif menjaga kesehatan mental.

Jangan sepelekan kesehatan mental, ketahui dan deteksi sejak dini gejalanya. Beberapa langkah sederhana di atas diyakini dapat mencegah serta mengatasi permasalahan kesehatan mental. Yuk, sayangi dan lindungi kesehatan mental!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,384

Visitors total

330,700

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta