Pemerintah Kota Surakarta
Pelayanan di Puskesmas Surakarta
  November 1, 2022 12:30

Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Kesehatan Kota Surakarta terus berupaya memberikan fasilitas pelayanan kesehatan yang maksimal bagi warganya. Salah satunya dengan memaksimalkan pelayanan di unit Puskesmas.
Mengutip dari website dinkes.surakarta.go.id, terdapat beberapa program yang hanya dapat ditemui oleh masyarakat di puskesmas tertentu, antara lain:

1. Klinik berhenti merokok
Pelayanan ini menyasar para perokok yang ingin berhenti melakukan kegiatan merokok. Masyarakat akan mendapatkan pelayanan berupa pemeriksaan kesehatan organ paru dan konseling terhadap cara berhenti merokok. Program ini hanya ada di 4 puskesmas, yakni Puskesmas Nusukan, Puskesmas Kratonan, Puskesmas Penumping, dan Puskesmas Purwodiningratan.

2. Puskesmas ramah anak
Program ini diadakan dalam rangka Kota Surakarta sebagai Kota Layak Anak, dimana program ini memberikan perhatiaan khusus untuk anak. Bentuk program ini berupa penyediaan tenaga medis khusus anak, ruang khusus pelayanan anak, ruang tunggu yang bersahabat untuk anak, dan fasilitas berupa alat antropometri yang digunakan khusus untuk bayi dan balita. Program puskesmas ramah anak ini ada di Puskesmas Manahan, Puskesmas Pajang, Puskesmas Ngoresan, Puskesmas Kratonan, dan Puskesmas Sangkrah.

3. Poliklinik harm reduction
Kehadiran program ini hanya ada di Puskesmas Manahan yang memiliki tujuan untuk mengurangi dampak buruk dari penggunaan NAPZA suntik. Dampak yang diharapkan dari program ini adalah untuk mengurangi penularan virus HIV.

4. Pelayanan kesehatan peduli remaja
Pada program ini dikhususkan untuk para generasi muda untuk memecahkan dan menanggulangi permasalahan yang ada di kalangan remaja. Fokus dari program ini yaitu memberikan pelayanan kesehatan kepada remaja yang ada di Surakarta. Puskesmas yang memiliki program ini, meliputi Puskesmas Sangkrah, Puskesmas Jayengan, Puskesmas Manahan, dan Puskesmas Pajang.

5. Klinik Infeksi Menular Seksual
Program ini merupakan program untuk mencegah dan menanggulangi penyakit kelamin. Masyarakat dapat melakukan pemeriksaan, konseling, dan terapi di Puskesmas Manahan dan Sangkrah.

6. Klinik Voluntary Counseling and Testing
Keberadaan program ini merupakan upaya tindak lanjut dari hasil pemeriksaan di klinik infeksi menular seksual. Terdapat pendampingan berupa konseling kepada pasien yang memiliki resiko tinggi terinfeksi HIV. Puskesmas yang memiliki program ini adalah Puskesmas Manahan.

Kehadiran fasilitas yang lengkap, tenaga medis yang handal, dan pelayan prima dapat diberikan kepada masyarakat Surakarta di setiap puskesmas. Berbagai program yang ada di setiap puskesmas Kota Surakarta ini bertujuan untuk menghindarkan masyarakat dari berbagai macam penyakit dan hidup sehat. Masyarakat Surakarta tidak perlu ragu untuk datang ke puskesmas terdekat untuk memeriksakan kesehatannya.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

23

Visitors today

14

Visits total

425,319

Visitors total

330,660

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta