Pemerintah Kota Surakarta
Inovasi Kelurahan Jebres Melenggang Hingga Tingkat Nasional
  November 2, 2022 12:15

Pada tahun 2022 ini Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengadakan kembali Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional. Perlombaan ini merupakan salah satu program yang dilaksanakan Kemendagri untuk menilai kinerja dari perangkat desa maupun kelurahan dalam pelayanan terhadap masyarakat. 

Kali ini, Kelurahan Jebres menjadi wakil Kota Solo dalam lomba tersebut. Perangkat Kelurahan Jebres sendiri memiliki beberapa inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, salah satunya adalah pembelajaran hukum untuk keluarga dengan metode ular tangga. Terdapat program pelestarian kebudayaan yaitu pembelajaran mengenai menari dan menabuh gamelan yang dapat diikuti anak-anak. Beberapa program inilah yang menjadikan Kelurahan Jebres menjadi wakil untuk ikut serta dalam Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2022. 

Kasubdit Wilayah II Direktorat Evaluasi Perkembangan Desa Ditjen Bina Pemdes Kemendagri (Tiyar Cahya Kusuma) beserta tim penilai dari Kemendagri hadir di dampingi oleh Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka,  pada hari Selasa (1/11), pukul 09.00 WIB untuk melakukan penilaian secara langsung. 

Tim penilai melakukan kunjungan di Taman Cerdas Kelurahan. Tempat ini merupakan salah satu fasilitas yang disediakan oleh pemerintah setempat sebagai sarana belajar dan bermain yang ramah anak. Meskipun demikian, orang dewasa juga bisa memanfaatkannya, yang bahkan menjadi sarana rekreasi bersama keluarga dan orang terdekat. 

Pada saat dilakukan kunjungan lapangan ke Taman Cerdas, tengah berlangsung edukasi mengenai hukum untuk keluarga melalui metode ular tangga dengan panduan dari Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga. Selain itu, ada pula kegiatan yang dilakukan anak-anak, yakni pembelajaran kesenian tari dan menabuh gamelan.

Setelah dari Taman Cerdas, kunjungan berlanjut ke Gedung Serbaguna yang berada di RW 019, Kelurahan Jebres. Di sana banyak diadakan kegiatan rutinan terkait pemeriksaan kesehatan, misalnya posyandu (baik itu posyandu untuk bayi, balita sampai usia remaja), pelayanan untuk lanjut usia, hingga deteksi dini kanker serviks melalui Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA).

Lokasi yang terakhir adalah Tempat Pengolahan Sampah Reduce, Reuse, dan Recycle (TPS3R) Jebres. Di tempat ini, barang-barang yang sudah tidak terpakai, lalu disortir dan dipilah menurut jenisnya. Apabila masih bisa digunakan akan diolah kembali. Nantinya hasil pengolahan dapat membawa nilai ekonomis bagi warga sekitar. Misalnya pupuk kompos, pupuk kandang, maupun barang daur ulang lainnya. 

Tak hanya sarana dan prasarana Kelurahan Jebres yang menjadikannya perwakilan untuk maju lomba tersebut. Melainkan, juga berkat keramahtamahan warga dan guyub rukun antar Bintara Pembina Desa (Babinsa) serta Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas). 

Adapun kriteria yang menjadi fokus dalam kunjungan ini, mencakup pelayanan yang dimiliki Kelurahan Jebres, baik yang dikhususkan untuk warga maupun perangkat daerahnya. 

Telah dilakukan juga evaluasi kepada kelurahan, kecamatan, kota, hingga penilaian administrasi di beberapa daerah, di antaranya Provinsi Banten, Yogyakarta, Bali, Jatim, dan Jabar. Dari hasil penilaian tersebut, Kelurahan Jebres muncul sebagai perwakilan dari Kota Solo, dan bahkan Jateng untuk maju dalam Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Nasional 2022 Regional Jawa Bali.

 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,061

Visitors total

329,916

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta