Pemerintah Kota Surakarta
Strategi Memaksimalkan UMKM
  November 3, 2022 12:20

Saat ini UMKM atau Usaha Mikro Kecil dan Menengah semakin banyak ditemukan. UMKM merupakan usaha produktif yang dimiliki per orang atau badan usaha dengan beberapa kriteria tertentu berdasarkan Undang-undang Nomor 20 tahun 2008.

Diperlukan strategi khusus untuk mengembangkan UMKM. Berikut ini akan dibahas mengenai strategi-strategi yang diperlukan untuk mengembangkan UMKM. Para pelaku UMKM dapat menyimak strategi di bawah ini.

  • Memiliki Jiwa Kepemimpinan

Seorang pelaku UMKM diharuskan memiliki jiwa kepemimpinan yang baik. Memimpin di sini tidak hanya untuk pelaku UMKM yang telah memiliki karyawan akan tetapi juga mampu memimpin diri sendiri apabila baru memulai usaha. Diperlukan disiplin tinggi, jiwa optimis, dan kemampuan problem solving untuk menjadi seorang pemimpin.

  • Mempelajari Tentang Manajemen

Memahami hal berkaitan dengan manajemen sangat diperlukan bagi pelaku UMKM. Hal tersebut guna memaksimalkan sumber daya yang ada dalam bisnis dan dapat meminimalisirkan resiko kerugian yang mungkin akan terjadi.

  • Marketing dan Branding

Terkadang pelaku UMKM sering kurang maksimal dalam melakukan marketing dan branding. Diperlukan logo dan nama perusahaan yang menarik dan mudah diingat banyak orang. Selain itu juga diperlukan promosi yang menarik agar semakin banyak dikenal banyak orang. Mengikuti pameran produk UMKM bisa menjadi salah satu cara. Saat ini branding dan promosi juga dapat lebih mudah dilakukan karena telah tersedia sosial media sebagai wadahnya. 

  • Meningkatkan Mutu

Tidak hanya promosi dan branding saja, pelaku usaha juga perlu meningkatkan mutu produknya. Dengan mutu yang semakin baik maka akan semakin banyak orang yang tertarik untuk mendapatkan produk tersebut.

  • Mampu Beradaptasi

Kemampuan ini sangat diperlukan oleh pelaku UMKM. Semakin berkembangnya usaha yang sedang dijalankan maka tantangan yang akan dihadapi juga semakin banyak. Pelaku UMKM harus jeli dalam melihat berbagai peluang dan hambatan yang datang.

  • Mampu Berinovasi

Inovasi juga menjadi hal yang diperlukan untuk mengembangkan UMKM. Tantangan dari konsumen yang setiap waktu menginginkan produk yang berbeda tentunya harus terpenuhi dengan menawarkan produk yang baru. Kreativitas dan usaha keras diperlukan untuk mewujudkan hal tersebut.

Itu tadi merupakan beberapa strategi untuk mengembangkan UMKM. Semakin banyaknya UMKM yang bermunculan tentunya persaingan antar pelaku UMKM akan semakin ketat. Strategi di atas dapat diaplikasikan dan tentu saja diperlukan kekonsistenan dalam menjalankannya. Mari, susun strategi UMKM milikmu mulai dari sekarang!

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

30

Visitors today

29

Visits total

414,642

Visitors total

324,768

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta