Pemerintah Kota Surakarta
Wajah Baru Pura Mangkunegaran
  November 11, 2022 11:15

Pada Selasa (8/11), Walikota Surakarta, Gibran Rakabuming, bersama KGPAA Mangkunegara X Bhre Cakra Hutomo Wira Sudjiwo melakukan peninjauan pelaksanaan revitalisasi Area Pura Mangkunegaran, khususnya Taman Pracimasno yang merupakan bekas Lapangan Tenis Mangkunegaran. Revitalisasi ini dapat berjalan atas kerja sama yang dibangun dengan Kementerian Badan Usaha Milik Negara serta Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Tengah. 

Revitalisasi area “Taman Pracima” atau “Pracima Tuin” terinspirasi dari taman kerajaan yang dibangun pada era pemerintahan Sampeyan-dalem Ingkang Jumeneng Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (S.I.J.K.G.P.A.A.) Mangkoenagoro VII. 

Nama “Taman Pracima” atau “Pracima Tuin” berarti taman yang terletak di area barat. Sesuai dengan lokasi taman yang terletak di area barat Pura Mangkunegaran. Revitalisasi ini merupakan salah satu upaya pengembangan kebudayaan Jawa, khususnya Mangkunegaran berkelanjutan. 

Taman Pracima beserta bangunan-bangunan di dalamnya, di antaranya Pracimasana, Pracimaloka, dan Pracimawisik, direncanakan menjadi wadah pengembangan kesenian, kolaborasi budaya, pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), serta kuliner khas Mangkunegaran.

Walikota Surakarta berharap melalui revitalisasi ini, area Pura Mangkunegaran dapat menjadi salah satu destinasi dan ruang publik yang baru di Kota Solo. “Semoga taman Mangkunegaran ini menjadi salah satu destinasi yang baru, ruang publik yang baru untuk  dinikmati wisatawan maupun masyarakat karena adanya spot-spot baru,” ujar beliau.

Revitalisasi ini menjadi salah satu langkah awal menjadikan kawasan Pura Mangkunegaran sebagai tempat interaksi publik sekaligus sebagai ruang terbuka hijau. Hal ini merupakan salah satu dukungan kepada Pemerintah Kota Surakarta dalam meningkatkan paru-paru kota dan memperluas area resapan air tanah.

KGPAA Mangkunegara X Bhre Cakra Hutomo menerangkan bahwa revitalisasi Mangkunegaran dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan kajian-kajian pendahulu. Untuk saat ini, fokus utama adalah menyelesaikan revitalisasi area taman. 

“Bangunan dan taman ini merupakan inpirasi dari Eyang Buyut saya era KGPAA Mangkunegaran VII. Dari kajian-kajian yang kita lakukan dengan pendampingan dari cagar budaya, semua kita lakukan berdasarkan kajian-kajian. Untuk kedepannya ini dibuka untuk umum atau tidak kita tunggu informasi selanjutnya setelah peresmian. Karena fokus utama saat ini adalah pembangunan dahulu,” jelas Mangkunegara X.

Adanya perubahan wajah baru di Pura Mangkunegaran, diharapkan mampu menambah keindahan salah satu cagar budaya yang dimiliki Kota Solo. Kedepannya, pembangunan demi pembangunan dapat terus berlanjut di kota ini. Agar, wisatawan banyak yang berkunjung serta perekonomian masyarakat pun ikut meningkat!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

21

Visitors today

12

Visits total

425,317

Visitors total

330,658

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta