Pemerintah Kota Surakarta
Lomba Desain Ulang Logo Solo The Spirit of Java dan Maskot Rajamala
  November 15, 2022 12:45

Dalam rangka mendukung keberlangsungan City Branding di Kota Solo, akan diadakan kompetisi untuk desain ulang logo Solo The Spirit of Java dan lomba desain maskot Rajamala. Adapun kedua perlombaan ini diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surakarta melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Surakarta. Total hadiah yang bisa diperoleh seluruh pemenang yaitu sebesar Rp34 juta, beserta trophy dan piagam penghargaan. Peserta dapat mengunggah hasil karya mereka dan mengirimkan karya maksimal tanggal 27 November 2022 pukul 23.59 WIB melalui link bit.ly/lombaligosolo.

Sedangkan, untuk saat ini juri yang akan mengoreksi hasil kompetisi lomba, terdiri dari Dr. Andre Noevi Rahmanto, S.Sos.,M.Si (UNS),  Dr. Taufik Murtono, S.Sn.,M.Sn (ISI), Retno Wukandari, SH,MSi (BPPD), Suwarmin Mulyadi, S.Sos.,MM (Media), dan Heru Mataya (pegiat budaya).

Adanya kompetisi ini didasari dengan beberapa alasan, antara lain sebagai landasan baru Pemerintah Kota Surakarta dalam merumuskan program pembangunan kedepannya, dengan berlandaskan nilai-nilai ‘jiwanya Jawa.’ Hal ini sesuai dengan simpulan yang diperoleh pada saat pertemuan representasi Stakeholder tanggal 12 Juli dan 25 Oktober 2022. 

Selain itu, alasan tersebut juga sejalan dengan twit Walikota Surakarta tanggal 9 Oktober 2022, dimana walau sebetulnya dinilai masih relevan, namun perlu dilakukan penyegaran terhadap tampilan logo Solo The Spirit of Java tanpa pengubah tagline dan makna yang terkandung didalamnya. Dengan harapan, penyegaran ini dapat bertahan terhadap perkembangan zaman hingga 15 tahun mendatang. 

Sementara, untuk lomba maskot, adalah suatu bentuk memajukan nilai-nilai kebudayaan yang diharapkan dapat melestarikan, mengelola, mengembangkan dan memanfaatkan potensinya untuk peningkatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat. Pernyataan tersebut juga memiliki payung hukum, yakni sesuai pada Undang-undang Nomor 10/2010 tentang Cagar Budaya dan Undang-undang Nomor 5/2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. 

Pemilihan tokoh Rajamala bukan merupakan tanpa arti. Pasalnya, keputusan ini telah dirundingkan oleh budayawan dan praktisi terkait untuk memilih Rajamala sebagai ikon maskot Kota Solo. Dengan menggunakan tokoh Rajamala, masyarakat akan lebih mudah melakukan eksplorasi dan inovasi ragam bentuk visual yang bersifat temporer, serta sesuai dengan kreativitas dan kebutuhan masing-masing tanpa meninggalkan karakteristik aslinya.

Perwujudan Rajamala dalam kompetisi ini, diposisikan sebagai tokoh yang memiliki kepribadian ramah, sebagaimana sesuai dengan karakter masyarakat Solo yang lemah lembut, andhap asor, dan menjunjung tinggi nilai-nilai kesetiakawanan maupun kebersamaan.

Orisinalitas dan keunikan budaya inilah yang menjadi landasan untuk terus melestarikan Rajamala dan memajukan perannya guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini dapat sekaligus mempertegas publik terhadap domain Rajamala yang menjadi salah satu kekayaan intelektual milik bersama, berupa ekspresi budaya tradisional Surakarta Hadiningrat serta membawa manfaat positif bagi masyarakat.

Perlombaan desain maskot Rajamala ini terbuka secara umum. Adapun syarat dan ketentuannya, yaitu:

  • Peserta yang ingin mendaftarkan wajib melampirkan identitas diri, meliputi nama lengkap, alamat, pekerjaan, nomor handphone, alamat email, dan scan KTP atau kartu identitas lainnya. 
  • Diperbolehkan mengirim maksimal 2 (dua) desain maskot untuk dilombakan.
  • Hasil karya merupakan milik pribadi dengan dibuktikan surat pernyataan yang telah disediakan dalam link, dengan dibubuhi materai Rp10.000,00 (sepuluh ribu rupiah).
  • Karya disusun dalam 1 (satu) file dalam bentuk PDF (resolusi 100 dpi).
  • Perlu dicatat, bahwa selama proses pendaftaran sampai proses seleksi peserta tidak dipungut biaya. 

Apabila ada informasi yang ingin ditanyakan, dapat langsung menghubungi kontak 081329122864 (Yayok Aryoseno) atau 08112644855 (Irfan Sutikno). Yuk, ikuti kompetisi ini dan raih hadiahnya! 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

17

Visitors today

15

Visits total

425,201

Visitors total

330,588

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta