Pemerintah Kota Surakarta
5 Tips Ampuh Jaga Imunitas Tubuh Saat Cuaca Tak Bersahaba
  November 19, 2022 12:10

Tahukah kamu? kondisi cuaca yang tidak menentu bisa berpengaruh terhadap kesehatan tubuh lho. Cuaca yang tiba-tiba panas dan tiba-tiba hujan bisa berpengaruh terhadap tingkat imunitas tubuh, sehingga bisa menyebabkan tubuh mudah terserang penyakit. Apalagi jika tubuh tidak sedang dalam kondisi prima, maka penyakit akan sangat mudah sekali untuk masuk. 

Untuk mengantisipasi hal itu terjadi, maka dari itu perlu adanya upaya untuk meningkatkan dan menjaga imunitas tubuh di tengah cuaca yang tidak pasti seperti sekarang ini. Berikut ini beberapa tips untuk menjaga daya tahan dan imunitas tubuh, agar tetap sehat di tengah cuaca yang tidak menentu. 

Yang pertama, mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang sehat seperti sayur dan buah bisa meningkatkan imunitas tubuh kita. Hal ini dikarenakan buah dan sayuran mengandung banyak vitamin dan mineral yang berperan untuk menjaga keseimbangan gizi tubuh kita, sehingga imunitas tubuh bisa meningkat. 

Yang kedua, menjaga kualitas tidur. Tubuh membutuhkan istirahat yang cukup untuk menjaga kestabilan staminanya, apalagi jika telah digunakan beraktivitas selama seharian penuh. Tubuh perlu diberikan istirahat agar imunitas tubuh bisa terjaga dengan baik. Jam tidur yang ideal untuk orang dewasa adalah 7-9 jam per hari, sedangkan untuk anak-anak adalah 9-11 jam per harinya. Dengan mendapatkan jam tidur yang cukup, bisa membantu menjaga kondisi kesehatan tubuh. 

Yang ketiga, melakukan olahraga rutin. Olahraga secara rutin bisa membantu meningkatkan daya tahan tubuh lho. Dengan berolahraga, bisa membuat tubuh menjadi bugar dan lebih kuat. Lakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan setiap hari, seperti jalan kaki, naik turun tangga, dan melakukan peregangan. 

Yang keempat, menjaga kebersihan lingkungan. Menjaga pola makan dan berolahraga saja tidak cukup. Kita juga perlu untuk menjaga kebersihan lingkungan. Karena dengan lingkungan yang bersih, bisa menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit. 

Yang kelima, kelola stress. Cara meningkatkan imunitas tubuh yang tak boleh dilewatkan lainnya adalah dengan mengelola stress. Stress dalam jangka panjang bisa menurunkan fungsi kekebalan tubuh. Sehingga hal tersebut bisa menyebabkan tubuh menjadi mudah terserang penyakit. Kelola stress dengan rutin meditasi, olahraga, dan yoga bisa membuat pikiran menjadi lebih rileks, sehingga bisa meningkatkan imunitas tubuh. 

Itulah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga imunitas tubuh kita di tengah cuaca yang tidak menentu. Lakukanlah kegiatan yang disebutkan diatas secara rutin, agar kamu bisa mendapatkan manfaat secara maksimal.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

17

Visitors today

15

Visits total

425,201

Visitors total

330,588

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta