Pemerintah Kota Surakarta
Cegah KEK Pada Ibu Hamil
  November 26, 2022 12:15

KEK atau Kekurangan Energi Kronis merupakan kondisi dimana ketika seseorang mengalami kelelahan secara terus menerus meski telah beristirahat. KEK dapat terjadi pada ibu hamil. Terdapat kemungkinan KEK dipicu oleh stres, infeksi virus, gangguan sistem kekebalan tubuh, atau ketidakseimbangan hormon.

 

Persentase ibu hamil yang mengalami KEK di Indonesia sebesar 17,3%. Hal tersebut berdasarkan Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2018. Jumlah ibu hamil yang mengalami KEK yang terbanyak terdapat di Nusa Tenggara Timur sebesar 36,8% sedangkan di Provinsi Kalimantan Selatan sebesar 17,5% (Kemenkes RI, 2018).

 

Gejala yang sering dialami oleh ibu hamil pengidap KEK yaitu rasa lelah yang datang terus-menerus, merasa kesemutan, wajah pucat dan tidak bugar, sangat kurus (indeks massa tubuh kurang dari 18,5), lingkar lengan atas (LiLA) kurang dari 23,5 cm, mengalami penurunan berat badan dan kekurangan lemak, menurunnya kalori yang terbakar saat istirahat, menurunnya kemampuan beraktivitas fisik.

 

Salah satu gangguan kehamilan yang berpotensi menyebabkan KEK saat hamil adalah hiperemesis gravidarum (HG). Gejala hiperemesis gravidarum hampir sama dengan morning sickness. Hanya saja, gejala yang dialami bisa lebih berat dan parah. Ibu hamil yang mengalami masalah ini dapat mengalami mual dan muntah berkali-kali, serta tidak dapat mempertahankan makanan di dalam tubuh.

 

Terdapat dampak apabila seorang ibu hamil mengalami KEK. Dampak yang ditimbulkan yaitu anemia pada ibu, resiko bayi lahir prematur, terhambatnya perkembangan otak janin, bayi lahir dengan berat lahir rendah, dan bayi berisiko stunting. Oleh karena itu bila mengalami beberapa gejala yang telah disebutkan di atas lebih baik segera periksakan diri ke dokter.

 

Selain memeriksakan diri ke dokter, berikut ini langkah-langkah yang dapat dilakukan oleh ibu hamil untuk mencegah risiko KEK.

 

  • Mengonsumsi makanan tambahan (PMT) untuk ibu hamil
  • Memastikan ketersediaan makanan bergizi di rumah. Makanan bergizi tersebut dapat berupa telur, ikan, ayam, dan daging yang sudah dimasak hingga matang, sayuran dan buah-buahan segar, nasi dan umbi-umbian, kacang-kacangan, dan susu ibu hamil.
  • Menerapkan pola makan yang benar dan asupan gizi yang penting saat hamil
  • Mengobati penyakit infeksi yang mungkin mengganggu pencernaan
  • Menjaga kebersihan dan kesegaran makanan yang dikonsumsi

Itu tadi merupakan langkah-langkah untuk mencegah KEK pada ibu hamil. Apabila telah dirasa mengalami gejala KEK yang begitu parah disarankan untuk segera mendatangi dokter. Hal tersebut dilakukan agar mendapatkan penanganan yang tepat dan dapat meminimalisir risiko yang dapat ditimbulkan dari KEK.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,984

Visitors total

331,050

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta