Pemerintah Kota Surakarta
Pasar Kembang: Pusat Belanja Bunga di Kota Solo
  December 8, 2022 12:45

Hingga saat ini masih banyak menggunakan bunga untuk keperluan sehari-hari, baik itu kegiatan yang berkaitan dengan kebudayaan ataupun keagamaan. Kebutuhan masyarakat Surakarta akan bunga yang tinggi membuat adanya pasar yang khusus untuk menjual bunga. Pasar yang khusus untuk menjual bunga di Surakarta adalah Pasar Kembang. 

 

Keberadaan dari Pasar Kembang sudah ada sejak tahun 1967, dimana bangunan dari pasar ini berada di Jl. Honggowongso, Kemlayan, Kec. Serengan, Kota Surakarta. Pada awalnya, lokasi dari Pasar Kembang sekarang ini merupakan taman yang kemudian pada tahun 1963 terdapat para pedagang yang mulai menempati bagian utara taman untuk berjualan. Banyaknya penjual yang mulai menempati taman ini menyebabkan taman ini sebagai pasar, yang kemudian dikenal Pasar Kembang. Terdapat renovasi yang dilakukan di Pasar Kembang pada tahun 2006, dimana renovasi ini untuk memperbaiki fisik bangunan dari Pasar Kembang dan memperluas lahan parkir. 

 

Kehadiran dari para pedagang ini menjual beragam jenis bunga dan untuk berbagai keperluan yang erat kaitannya dengan bunga. Terdapat penjual bunga yang dikhususkan untuk keperluan upacara ritual. Bunga yang digunakan untuk upacara ritual ini sudah dijual dalam satu set lengkap sesuai dengan keperluan dari pembeli. Penjual ubo rampe untuk ziarah kubur dapat ditemukan di Pasar Kembang, seperti bunga tabur dapat dibeli dengan harga yang sudah ditentukan pembeli sendiri. 

 

Selain itu, kebutuhan bunga untuk dijadikan buket juga dapat ditemukan di Pasar Kembang, dimana para pembeli dapat memilih beragam jenis bunga segar yang dapat dijadikan buket. Pembeli juga dapat memesan langsung buket bunga di pasar ini, terdapat beragam variasi buket bunga yang ditawarkan oleh penjual di Pasar Kembang sendiri. 

 

Masyarakat yang memiliki kebutuhan untuk membeli di Pasar Kembang tidak perlu khawatir akan jam operasional dari pasar ini. Karena Pasar Kembang sendiri buka selama 24 jam. Meskipun pada malam hari jumlah penjual bunga tidak sebanyak pada saat siang hari. 

 

Keberadaan dari para penjual kembang di pasar ini tidak hanya di dalam Pasar Kembang saja, akan tetapi para penjual kembang juga menempati bantaran jalan di dekat Pasar Kembang. Pasokan bunga untuk Pasar Kembang sendiri diperoleh penjual dari Boyolali dan Bandungan, dimana pemasok ini mengantarkan bunga-bunga setiap harinya. Keberadaan Pasar Kembang ini menjadi hal yang cukup membantu masyarakat pada saat membutuhkan bunga untuk berbagai kegiatan. Jika sedang mencari beragam jenis bunga datang aja ke tempat ini ya!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

3

Visitors today

2

Visits total

425,599

Visitors total

330,822

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta