Pemerintah Kota Surakarta
Kebersihan Lingkungan Sebagai Implementasi Germas
  December 10, 2022 11:30

Germas atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat merupakan program yang digerakkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Germas bertujuan untuk menggerakkan masyarakat agar memiliki budaya hidup sehat. Selain itu juga untuk mengajak masyarakat mulai memperhatikan hal-hal yang membahayakan kesehatan. Fokus Germas berkaitan dengan memberi akses kepada masyarakat agar terpenuhi kebutuhan air minum, instalasi kesehatan masyarakat, serta pembangunan pemukiman yang layak huni.

 

Terdapat beberapa langkah dalam Germas. Salah satu langkah tersebut adalah menjaga kebersihan lingkungan. Kebersihan lingkungan memiliki kaitan yang erat dengan kesehatan masyarakat. 

 

Berikut ini manfaat dari menjaga kebersihan lingkungan bagi kesehatan.

  • Dapat menghindarkan dari resiko penyakit

Lingkungan yang bersih akan menjauhkan penghuninya dari resiko penyakit terutama yang disebabkan oleh bakteri dan kuman. Hal tersebut karena bakteri dan kuman bersarang dan mudah berkembangbiak pada tempat-tempat kotor. Selain kuman dan bakteri, lingkungan yang bersih juga dapat menghindarkan dari ancaman penyakit demam berdarah (DBD) yang disebabkan oleh nyamuk aedes aegypti. Nyamuk ini bersarang pada tempat-tempat lembab dengan genangan air. Dengan rutin menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan langkah-langkah pencegahan DBD maka dapat menghindarkan dari resiko penyakit.

  • Menjaga kesehatan mental

Lingkungan yang bersih juga mampu meningkatkan kualitas kesehatan mental. Udara yang bersih, air yang bersih, banyaknya ruang hijau dan sanitasi dapat menjadikan seseorang menjadi merasa nyaman dan mengurangi stress. Dengan pikiran yang tenang maka dapat menghindarkan seseorang dari risiko gangguan kesehatan mental.

  • Lebih nyaman dan sehat untuk ditinggali

Manfaat dari lingkungan yang bersih adalah nyaman dan sehat untuk ditinggali. Lingkungan yang bersih akan terkesan lebih rapi dan enak dipandang. Lingkungan yang bersih juga mampu menjauhkan dari beberapa hal yang membuat kurang nyaman misalnya bau busuk dari sampah yang menumpuk. Kebersihan lingkungan juga mampu memberikan efek bagi kesehatan jasmani dan rohani. Dengan begitu akan menjadikan setiap penghuninya merasa betah untuk berada di lingkungan tersebut dalam jangka yang lama. Selain itu orang-orang yang ingin berkunjung ke lingkungan yang bersih juga akan merasa nyaman.

 

Langkah di dalam Germas untuk menjaga kebersihan lingkungan memang sangat berarti besar. Germas tidak hanya sebagai gerakan semata tetapi juga harus diimplementasikan oleh seluruh lapisan masyarakat dengan tertib dan konsisten. Hal tersebut guna menciptakan lingkungan sehat yang berpengaruh pada derajat kesehatan masyarakat.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

426,497

Visitors total

331,352

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta