Pemerintah Kota Surakarta
Tips Menyusun Resolusi, Tingkatkan Kualitas Diri
  December 10, 2022 11:45

Berada di penghujung tahun berarti sudah waktunya untuk melakukan evaluasi dan apresiasi diri. Menelaah apa yang perlu diperbaiki dan dikembangkan dari diri sendiri agar menjadi pribadi yang lebih baik di tahun selanjutnya. Serta melakukan apresiasi diri untuk segala pencapaian yang telah diraih. Sekaligus sebagai rasa syukur telah melewati tahun 2022 dengan baik, sekalipun mungkin terdapat hal yang tidak sesuai harapan. 

 

Selain itu, terdapat satu hal yang tak boleh terlewatkan saat menjelang tahun baru, yaitu mempersiapkan resolusi. Resolusi merupakan suatu janji pada diri sendiri atau ketetapan untuk melakukan sesuatu, terutama untuk memperbaiki kehidupan. Resolusi bukan hanya sekadar daftar rencana, tetapi juga sebagai panduan mengenai aksi yang harus dijalankan.

 

Tahun baru merupakan salah satu momen yang tepat untuk menyusun resolusi baru. Agar di tahun yang baru, hidup dapat tetap terarah dan terdapat tujuan atau pengharapan dalam menjalani kehidupan.

 

Kendati demikian, resolusi tidak bisa disusun secara asal-asalan. Agar tidak banyak resolusi yang gagal dan terlewatkan begitu saja. Nah, berikut ini tips menyusun resolusi yang dapat Anda terapkan untuk tahun 2023 yang lebih baik.

  • Gunakan metode SMART

Metode SMART merupakan salah satu metode yang mudah untuk menentukan tujuan, sasaran, ataupun target. Sehingga metode SMART juga bisa digunakan dalam menyusun resolusi.

  1. Specific. Susun resolusi Anda dengan spesifik dan jelas.
  2. Measurable. Deskripsikan resolusi secara terukur, dengan memperhitungkan keadaan dan kemampuan diri.
  3. Achievable. Buat resolusi yang bisa Anda capai. Resolusi tidak harus yang besar, yang mana kemungkinan akan sulit untuk dilakukan atau dicapai.
  4. Relevant. Susun resolusi sesuai dengan keadaan Anda, disertai dengan alasan yang benar, bukan yang membenar-benarkan atau hanya sekadar mengikuti orang lain.
  5. Time-bound. Tetapkan target waktu yang secara realistis. 

  • Mulai dari target yang kecil

Untuk bisa mencapai tujuan yang besar, maka dimulai dari hal-hal yang kecil terlebih dahulu. Tetapkan target kecil terlebih dahulu yang mudah dicapai tetapi tetap mendatangkan kebermanfaatan.

  • Masukkan hal yang disukai

Akan lebih bersemangat dalam mencapai suatu tujuan jika sesuai dengan passion. Oleh karena itu masukkan tujuan yang sesuai dengan passion Anda. Tidak semua tujuan untuk mendapatkan pengakuan, tetapi juga bisa untuk memperoleh kebahagiaan melalui hal-hal yang disukai. 

  • Jangan masukkan tujuan (resolusi) terlalu banyak

Resolusi yang terlalu banyak hanya akan memberatkan diri sendiri di kemudian hari. Buat resolusimu secukupnya saja yang terformulasi secara realistis.

  • Tetapkan prioritas

Setiap tujuan pasti memiliki skala prioritas yang berbeda. Tetapkan tujuan mana yang lebih dititikberatkan pada tahun selanjutnya. Apakah untuk kesehatan, pencapaian akademik, pencapaian karir, relasi keluarga, hubungan asmara, atau yang lainnya.

  • Mantapkan dukungan sosial

Dukungan sosial dapat menjadi salah satu faktor yang berpengaruh dalam mencapai tujuan. Jika Anda sudah mulai menyerah maka mereka dapat menjadi salah satu alasan untuk tetap bergerak

 

Itulah beberapa tips menyusun resolusi saat tahun baru. Susun resolusi Anda sebaik mungkin, agar tidak hanya menjadi omong kosong atau wacana semata. Semangat berproses untuk menjadi lebih baik lagi di tahun selanjutnya!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

425,986

Visitors total

331,051

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta