Pemerintah Kota Surakarta
Berkendara Aman Naik Motor Saat Musim Hujan
  December 11, 2022 10:15

Curah hujan kian tinggi saat memasuki akhir tahun. Musim hujan menjadi tantangan tersendiri bagi pengendara di jalan. Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan bagi pengendara pada saat musim hujan. Hal-hal yang perlu diperhatikan yaitu berkaitan dengan lima menit pertama ketika hujan turun.

 

Ketika hujan turun pada lima menit pertama setiap orang akan spontan untuk menggunakan kendaraan terutama motor dengan laju yang lebih kencang. Hal tersebut terjadi karena kebanyakan orang ingin menghindari hujan dan ingin segera sampai di tujuan tanpa basah kuyup. Padahal hal tersebut termasuk berbahaya. Pada lima menit pertama kondisi jalanan mulai basah, pasir ataupun batu kerikil yang berserakan belum menyatu dengan aspal. Hal tersebut dapat menyebabkan ban motor mudah slip.

 

Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut ini tips untuk berkendara pada saat musim hujan.

  • Berhenti saat hujan mulai turun

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa lima menit pertama saat hujan mulai turun merupakan saat yang berbahaya dan rawan terjadi kecelakaan. Keadaan jalan yang mulai riuh dan kondisi jalan yang belum sepenuhnya basah beresiko membuat ban motor slip dan tergelincir. Oleh karena itu ketika hujan mulai turun lebih baik menepi terlebih dahulu. Hal tersebut juga dapat digunakan untuk mempersiapkan diri menggunakan mantol hujan. Dengan begitu berkendara saat hujan turun akan lebih santai dan tidak terburu-buru untuk segera tiba di lokasi.

  • Menyalakan lampu

Saat hujan suasana akan menjadi lebih gelap. Penting bagi pengendara untuk menyalakan lampu meski pada siang hari. Menyalakan lampu kendaraan selain sebagai penerangan untuk diri sendiri juga sebagai tanda bagi orang lain agar mengetahui keberadaan kendaraan kita di jalan. Pastikan juga untuk selalu berada di jarak yang aman dengan pengendara lain.

 

  • Periksa kondisi ban motor

Ban merupakan hal yang penting. Sering kali kita lupa dengan kondisi ban motor yang mulai halus. Hal tersebut sangatlah berbahaya terutama di musim hujan karena akan mudah tergelincir di jalan yang licin. Ban yang telah halus perlu untuk segera diganti.

  • Tidak sembarangan menggunakan rem

Rem berfungsi untuk mengurangi kecepatan pada kendaraan. Namun penggunaan rem perlu diperhatikan terutama saat hujan mulai turun. Penggunaan rem yang terlalu mendadak dapat menyebabkan ban motor selip.

 

Itu tadi merupakan beberapa tips yang dapat dilakukan bagi pengendara motor di saat musim hujan. Semakin meningkatnya curah hujan memang perlu dipersiapkan dengan matang. Dengan persiapan yang matang dan berhati-hati saat berkendara maka dapat mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas pada saat musim hujan.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

22

Visitors today

13

Visits total

425,318

Visitors total

330,659

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta