Pemerintah Kota Surakarta
Nikmati Beragam Oleh-oleh Khas Solo
  December 11, 2022 10:30

Banyak dari masyarakat di luar Solo yang menjadikan Solo sebagai destinasi wisata, hal ini dikarenakan banyak tempat wisata dan terdapat wisata kuliner di kota ini. Sebagai kota destinasi wisata, banyak dari masyarakat yang berkunjung di Solo pada waktu ingin pulang ke tempat asalnya ingin membawa oleh-oleh. 

 

Setiap kota pastilah memiliki oleh-oleh khasnya masing-masing, tidak terkecuali Solo. Masyarakat yang datang di Solo, harus membawa makanan khas solo untuk dijadikan oleh-oleh. 

 

Berikut ini rekomendasi makanan yang dapat dijadikan oleh-oleh:

  • Serabi Notosuman

Makanan ini menjadi salah satu makanan khas dari solo. Serabi sendiri terbuat dari tepung beras, vanilla, pandan, gula, garam, dan santan kelapa yang kemudian semua bahan ini dijadikan adonan. Proses pembuatan dari serabi menggunakan wajan kecil dari tanah liat yang digunakan sebagai tempat memasak. Proses memasak serabi sendiri menggunakan arang, selain itu serabi sendiri tidak menggunakan bahan pengawet sehingga serabi hanya tahan sehari saja untuk dapat dinikmati.

  • Roti kecik

Menjadi salah satu makanan kesukaan dari Pakubuwono X, dimana roti ini berbahan dasar tepung ketan yang disangrai kemudian dicampur telur dan gula pasir. Bentuk dari roti ini ada tiga, yaitu berbentuk bulat kecil-kecil, memanjang, dan lingkaran. Roti kecik sendiri dapat bertahan lama meskipun dibuat tanpa adanya bahan pengawet. Cita rasa dari roti kecik adalah manis dengan warna kecoklatan akibat dari proses sangrai dari pembuatan roti ini. 

  • Intip

Intip sendiri merupakan sisa nasi yang terdapat pada dandang, yang kemudian dilepas untuk dikeringkan dan digoreng. Intip yang berupa sisa nasi ini dapat dikatakan sebagai kerak nasi, akan tetapi makanan ini memiliki cita rasa tersendiri. Untuk menggoreng intip, terdapat cara khusus yaitu dengan menggunakan minyak yang panas secara merata yang kemudian intip direndam di dalamnya. Proses penggorengan ini diperuntukan agar intip dapat matang secara merata. 

  • Abon Mesran

Kota Solo memiliki olahan daging berupa abon yang berbeda dengan kota lainnya. Abon khas solo ini adalah abon mesran, dimana terdapat dua variasi dari abon ini yaitu abon daging ayam dan daging sapi. Abon mesran sendiri berbeda dengan abon lainnya, terdapat aroma rempah yang kuat yang kemudian dipadukan dengan rasa original (gurih manis) dan pedas manis pada abon mesran ini. Bagi wisatawan yang ingin membeli abon mesran di tempat asalnya dapat membeli di toko Mesran Mistopawiro yang ada di Jl. Kalilarangan No. 71, Jayengan, Serengan, Surakarta. 

  • Ampyang

Berbahan dasar kacang dan gula jawa, makan ini kemudian dijadikan sebagai cemilan. Bentuk dari ampyang sendiri cenderung melingkar dengan permukaannya yang tidak rata karena terdapat kacang. Pada ampyang sendiri terdapat penggunaan jahe, sehingga pada saat menikmatinya terdapat rasa manis dan jahe. 

 

Daftar di atas merupakan beberapa contoh referensi oleh-oleh yang bisa kamu dapatkan ketika berkunjung ke Kota Solo. Masih banyak lagi ragam oleh-oleh yang bisa kamu borong, mulai dari makanan asin hingga manis semua ada di Solo. Ketika berkunjung ke Solo, jangan lupa borong semua kulinernya ya!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,061

Visitors total

329,916

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta