Pemerintah Kota Surakarta
Tips Memilih Kuliner yang Sehat
  December 11, 2022 10:45

Kota Solo merupakan surganya kuliner bagi turis dan wisatawan yang datang dari luar daerah. Karena di Kota Bengawan ini terdapat berbagai macam pilihan kuliner yang memanjakan lidah. Maka tak heran jika Kota Solo dijuluki sebagai surganya kuliner oleh para wisatawan. 

 

Kuliner yang tersedia di Kota Solo sangatlah beragam. Mulai dari makanan dengan citarasa lezat hingga yang sehat semua tersedia di kota ini. Beberapa contoh kuliner sehat yang bisa ditemukan di Kota Solo, yakni pecel, brambang asem, gudangan, wedang uwuh, selat solo, susu segar, dan masih banyak lagi. 

 

Kuliner bisa dikatakan sehat jika memenuhi beberapa syarat. Syarat-syarat kuliner sehat diantaranya adalah makanan yang terkandung didalam kuliner tersebut memiliki kandungan gizi yang tinggi. Selain itu, makanan yang disajikan juga harus bersih dan bebas dari terpapar asap maupun lalat. 

 

Dalam memilih kuliner yang sehat kita harus memperhatikan beberapa hal agar bisa memberikan dampak yang positif bagi tubuh kita. Terdapat beberapa tips yang bisa Anda gunakan untuk memilih kuliner yang sehat di berbagai tempat. 

 

Berikut tips dalam memilih kuliner yang sehat: 

  1. Pilihlah jenis makanan dengan porsi yang sehat untuk disantap
  2. Pilihlah menu yang banyak mengandung sayur-sayuran dan buah-buahan. Contohnya adalah pecel, gudangan, dan selat 
  3. Perhatikan besaran kalori pada makanan yang akan dimakan 
  4. Hindarilah perut kosong sebelum melakukan kulineran. Hal ini dilakukan untuk mencegah makan yang berlebihan 
  5. Jika sudah terlanjur makan secara berlebihan, maka ingatlah selalu untuk membakar kalori dengan aktivitas fisik setelah makan

 

Selain melakukan tips diatas, Anda juga harus memperhatikan takaran konsumsi makanan yang akan dimasukkan dalam tubuh. Adapun jumlah konsumsi gula, garam, dan lemak saat berkulineran. Perlu diingat bahwa kebutuhan maksimal gula, garam, dan lemak seseorang dalam sehari, yaitu 4 sendok makan gula, 1 sendok teh garam, dan 5 sendok makan lemak. Memperhatikan jumlah konsumsi garam, gula, dan lemak ini sangat diperlukan guna menghindari terkena risiko penyakit yang membahayakan. 

 

Tetap melakukan tips sehat saat berkulineran juga penting adanya. Hal ini dilakukan demi menjaga fungsi organ tubuh agar tetap sehat, sehingga bisa terhindar dari berbagai macam penyakit yang membahayakan. Selalu perhatikan lokasi dan warung tempat berjualan. Pastikan Anda memilih warung yang bersih, agar mendapatkan sajian kuliner yang sehat.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

17

Visitors today

15

Visits total

425,201

Visitors total

330,588

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta