Pemerintah Kota Surakarta
Lokasi Pasar Tematik di Solo, Mana Saja?
  December 12, 2022 12:30

Kebutuhan dari masyarakat sangatlah beragam jenisnya, untuk itu terdapat beberapa pasar yang menjajakan berbagai jenis kebutuhan masyarakat Solo khususnya. Solo sendiri memiliki beberapa pasar yang tersebar di seluruh wilayahnya, dimana terdapat beberapa pasar yang hanya menjual jenis komoditas tertentu saja. Pasar yang hanya menjual komoditas tertentu dapat disebut sebagai pasar tematik. Terdapat 12 pasar tematik yang berada di Solo yang dapat dikunjungi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan tertentunya.

 

Solo terkenal oleh masyarakat secara luas dengan batiknya, hal ini menjadikan adanya pasar yang secara khusus menjual beragam jenis batik. Pasar ini adalah Pasar Klewer yang letaknya berada di sisi selatan Masjid Agung Surakarta. Penjual di pasar ini terbilang komplit untuk segala jenis pakaian yang berbahan dasar batik. 

 

Tidak hanya terkenal dengan batik saja, Solo juga terkenal dengan barang antiknya juga. Barang antik sering diburu oleh para wisatawan yang datang ke Solo, untuk itu wisatawan wajib datang ke Pasar Triwindu. Keberadaan dari Pasar Triwindu sendiri banyak dikenal masyarakat Solo dan wisatawan menjual beragam jenis barang antik, baik itu berupa perabotan maupun patung. Selain pasar barang antik, terdapat pasar yang menjual beragam jenis keris yaitu Pasar Keris dan Cenderamata. Pasar ini berada di sisi timur alun-alun Keraton Kasunanan Surakarta. 

 

Masih berkaitan dengan barang antik, di Solo terdapat pasar yang menjual barang-barang bekas. Pedagang di pasar ini menjual berbagai jenis barang bekas, banyak masyarakat yang ingin membeli barang bekas dan harga yang miring, Pasar ini dikenal masyarakat solo sebagai Pasar Klithikan. Terdapat pasar yang juga menjual barang bekas khususnya buku bekas, yaitu Pasar Panggungrejo yang berada di Jl. Surya Utama, Jebres, Kota Surakarta. Selain itu, ada pasar yang menjual barang bekas yang khusus menjual barang elektronik dan besi yaitu Pasar Elpabes. 

 

Pasar tematik di Solo tidak hanya terkait dengan barang-barang bekas saja, akan tetapi terdapat pasar yang juga menjual barang baru. Pasar tematik yang menjual barang baru khusus hp adalah Pasar Singosaren, meskipun masih dapat ditemui penjual hp second di pasar ini. Masyarakat yang ingin membeli perabotan rumah tangga dapat datang ke Pasar Kabangan, sedangkan untuk masyarakat yang ingin membeli berbagai jenis mebel dapat ke Pasar Mebel yang ada di Jl. Kol. Soetarto, Gilingan, Kec. Banjarsari, Kota Surakarta. 

 

Masyarakat yang memiliki kebutuhan untuk berolahraga dapat berkunjung di Pasar Ngudi Rejeki Gilingan, dimana di pasar ini menjual berbagai jenis alat-alat olahraga. Selain berolahraga, masyarakat yang memiliki hobi hewan dapat berkunjung di Pasar Burung dan Ikan Hias Depok.

 

Tinggal satu pasar tematik yang ada di Solo, yaitu Pasar Kembang. Pasar ini menjual berbagai jenis bunga, mulai bunga tabur hingga bunga yang digunakan untuk buket bunga. Sebanyak kurang lebih belasan pasar tematik yang tersebar di Solo ini memudahkan masyarakat Solo ataupun wisatawan yang datang dapat memenuhi kebutuhannya. Ayo, jalan-jalan ke Kota Solo!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

426,497

Visitors total

331,352

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta