Pemerintah Kota Surakarta
Muatan Lokal: Mengenal Tokoh yang Ada di Pandawa Lima
  December 14, 2022 12:15

Pandawa Lima merupakan sebutan untuk lima bersaudara pada tokoh pewayangan yang terdapat dalam kisah Mahabharata. Sesuai namanya “Pandawa Lima” terdiri dari 5 tokoh yang merupakan anak dari Pandu, seorang Raja di Hastinapura. Kelima tokoh tersebut, yaitu  Yudistira, Bima, Aruna, Nakula, dan Sadewa. Kelima tokoh tersebut memiliki sifat dan karakter yang berbeda-beda. 

 

Yang pertama Yudistira, merupakan putra pertama dari Pandu Dewanata dan Dewi Kunti. Yudistira memiliki nama kecil yaitu Raden Puntadewa. Sosok Yudistira digambarkan sebagai penjelmaan Dewa Yama, dan memerintah di Kerajaan Amarta. Tokoh ini memiliki karakter yang sangat bijaksana, hampir tidak pernah berbuat dusta atau berbohong seumur hidupnya, memiliki moral yang sangat tinggi, dan merupakan orang yang pemaaf. 

 

Yang kedua, Bima. Memiliki nama lain yaitu Bratasena, Balawa, Birawa, Dandungwacana, Nagata, Kusumayuda, Kowara, Pandusiwi, Bayusuta, Sena, Wekudara, Wijasena, dan Jagal Abilawa. Bima merupakan putra kedua dari Pandu Dewanata dan Dewi Kunti. Bima digambarkan sebagai jelmaan dari Dewa Bayu, yang bertempat tinggal di Kadipaten Jodipati di wilayah Indraprastha. Tokoh ini digambarkan sebagai sosok yang kuat, bersifat kasar, dan menakutkan di mata musuh, namun memiliki hati yang sangat lembut. Bima memiliki senjata istimewa, yakni Gada Rujakpala dan Kuku Pancanaka. Bima memiliki sifat yang gagah berani, teguh, kuat, tabah, patuh, dan jujur. 

 

Yang ketiga, Arjuna. Memiliki nama lain yaitu Permadi, Janaka, Wibatsuh, Parta, Dananjaya, dan Palguna. Arjuna merupakan putra bungsu dari Prabu Dewanata dengan Dewi Kunti. Arjuna merupakan penjelmaan dari Dewa Indra, yang memimpin kerajaan di Madukara. Dia digambarkan sebagai sosok ksatria yang cerdik dan gemar berkelana, bertapa, dan menuntut ilmu. Arjuna adalah tokoh yang mahir dalam ilmu peperangan. Dia juga memiliki beberapa senjata sakti, yaitu Panah Pasupati, Busur Gandiwa, dan Terompet Dewadatta. Arjuna digambarkan memiliki karakter yang mulia, berjiwa ksatria, mempunyai iman yang kuat, dan gagah berani. 

 

Yang keempat, Nakula. Memilik nama kecil Pinten, dan merupakan salah satu putra kembar dari pasangan Pandu dan Dewi Madrim. Nakula merupakan penjelmaan dari Dewa Kembar Aswin (dewa pengobatan). Nakula digambarkan sebagai sosok yang pandai dalam memainkan senjata. Dia merupakan seorang ksatria pedang yang tangguh. Arjuna memiliki karakter jujur, setia, taat pada orang tua, dapat menjaga rahasia, dan suka membalas budi. 

 

Yang kelima, yaitu Sadewa. Memiliki nama kecil Tangsen, dan merupakan salah satu putra kembar dari Pandu dan Dewi Madrim. Sadewa merupakan penjelmaan dari Dewa Kembar Aswin. Sadewa digambarkan sebagai sosok yang ahli dalam ilmu astronomi. Dia memiliki karakter rajin, bijaksana, setia, taat pada orang tua, dapat menjaga rahasia, dan suka membalas budi. 

Itulah kelima tokoh Pandawa Lima yang ada di dalam kisah Mahabharata. Kelima tokoh tersebut ada di dalam cerita wayang yang merupakan budaya khas Indonesia. Dengan adanya kisah tersebut diharapkan bisa menambah wawasan dan pengetahuan masyarakat secara luas.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

3

Visitors today

2

Visits total

424,963

Visitors total

330,424

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta