Pemerintah Kota Surakarta
UMKMKita Sebuah Platform untuk Mengembangkan UMKM di Solo
  December 20, 2022 12:30

Usaha Mikro Kecil dan Menengah adalah usaha yang dilakukan oleh perorangan atau badan usaha yang sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2008. Penggolongan dari badan usaha ini berdasarkan pada jumlah pendapatan tiap tahun, jumlah aset yang dimiliki, dan karyawan yang bekerja didalamnya. 

 

UMKM di Kota Solo sendiri dikelola oleh Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah dan Perindustrian Kota Surakarta dan dibentuk berdasarkan Peraturan Pemerintah Daerah Nomor 8 Tahun 2021 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah. Semua UMKM yang ada di Kota Solo sudah terorganisir dan bisa diakses dengan mudah melalui situs UMKMKita yang berada di laman umkm.surakarta.go.id. 

 

UMKMKita adalah sebuah situs produk UMKM gagasan dari Pemerintah Kota Surakarta sebagai media untuk memudahkan masyarakat dalam menemukan produk-produk UMKM. Program ini juga merupakan wujud nyata dari Pemerintah Kota Surakarta dalam meningkatkan kemajuan dan perkembangan UMKM di Kota Solo. Lalu apa saja yang bisa kita temukan di UMKMKita? 

 

Di UMKMKita kita bisa menemukan data dari berbagai produk UMKM lokal yang dijual. Mulai dari produk makanan, fashion & busana, jasa, otomotif, handicraft, pertanian & peternakan, dagang, dan lainnnya bisa kita temukan di laman ini. Di laman tersebut kita juga bisa memilih UMKM berdasarkan wilayah tertentu yang ada di Kota Solo. Kemudian harganya pun juga sudah ditampilkan sesuai dengan produk yang di display. 

 

Dari laman UMKMKita kita juga bisa memantau jumlah persebaran UMKM yang ada di Kota Solo melalui sebuah peta digital. Sehingga kita bisa menilik lokasi dari UMKM yang akan kita tuju. Hal ini tentu memudahkan kita dalam mencari sebuah produk UMKM unggulan yang tersebar di wilayah Kota Solo. 

Laman UMKMKita bisa diakses oleh siapa saja. Baik oleh pelaku UMKM sendiri maupun oleh pengunjung yang ingin melakukan pembelian terhadap produk UMKM. Para pelaku UMKM yang belum terdaftar pun juga bisa mendaftarkan produknya melalui laman ini. Dengan cara menghubungi kontak yang tersedia di laman tersebut, yaitu melalui telepon di nomor (0271) 714890 atau bisa juga melalui email di dinkopska@gmail.com. Atau bisa langsung mengunjungi alamat Dinkop Surakarta yang beralamat di Jalan Yosodipuro Nomor 162, Mangkubumen, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,383

Visitors total

330,699

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta