Pemerintah Kota Surakarta
Lokasi Belanja Oleh-oleh Khas Kota Solo
  December 16, 2022 11:30

Tak lengkap rasanya jika kita pulang dari Kota Solo tanpa membawa oleh-oleh. Apalagi Kota Solo terkenal sebagai destinasi wisata dengan berbagai macam kebudayaan dan kuliner lezatnya. Sebagai kota dengan destinasi wisata dan kuliner yang beragam, membuat banyak wisatawan yang berkunjung ingin membawa oleh-oleh khas Kota Solo ke tempat asalnya. Lalu dimana saja tempat yang pas untuk belanja oleh-oleh khas Solo? Simak rekomendasinya berikut ini ya!

  • Pasar Klewer

Pasar Klewer merupakan pusat perbelanjaan batik yang ada di Kota Solo. Di tempat ini kita bisa berbelanja berbagai macam kain batik dengan beragam pilihan motif dan dengan harga yang cukup terjangkau. Meskipun tempat ini merupakan pusat batik, tapi disini juga menjual berbagai macam jenis kain dan pakaian selain batik. Pasar Klewer sendiri berlokasi di Jalan Supit Urang, Baluwarti, Kecamatan Pasar Kliwon, Surakarta. 

  • Pasar Gedhe 

Pasar Gedhe menjadi salah satu lokasi yang diminati oleh wisatawan ketika berkunjung ke Kota Solo. Hal ini dikarenakan, di tempat ini banyak sekali dijual oleh-oleh khas Solo dan berbagai macam makanan tradisional yang sudah jarang ditemukan. Beberapa macam oleh-oleh yang bisa kita temukan di pasar ini, yaitu intip, teh oplosan, wedhang uwuh instan, dan balung kethek. Pasar Gedhe berlokasi di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, Sudiroprajan, Kecamatan Jebres, Surakarta. 

  • Pasar Triwindu 

Pasar Triwindu dikenal sebagai pusat penjualan barang-barang antik dan kuno. Berbagai barang kuno nan antik bisa ditemukan di pasar ini. Di pasar ini para wisatawan bisa membeli barang antik dan kuno, seperti radio kuno, jam tangan bekas, patung, lampu hias kuno, hingga mainan tradisional tempo dulu. Barang-barang kuno yang dibeli di pasar ini bisa dijadikan sebagai opsi oleh-oleh untuk dibawa pulang ke kampung halaman. Pasar Triwindu berlokasi di Jalan Diponegoro, Keprabon, Kecamatan Banjarsari. 

  • Pusat Grosir Solo 

Pusat Grosir Solo atau yang biasa dikenal PGS merupakan salah satu tempat wisata belanja kain terbesar di Kota Solo yang cocok untuk dikunjungi. Di tempat ini dijual berbagai macam kain, batik, pakaian, dan barang-barang lainnya. Barang-barang yang dijual disini pun memiliki harga yang relatif terjangkau. Pusat Grosir Solo berlokasi di Jalan Mayor Sunaryo No.1, Kedung Lumbu, Kecamatan Pasar Kliwon. 

  • Danar Hadi 

Danar Hadi merupakan salah satu toko penjual baju batik yang cukup tua di Kota Solo. Tempat ini juga cukup populer di kalangan wisatawan dan juga warga lokal. Tempat ini menjual baju batik dan kain batik dengan berbagai macam pilihan motif. Batik-batik yang dijual disini juga memiliki kualitas yang tinggi. Danar Hadi berlokasi di Jalan Sukoreno, Kemlayan, Kecamatan Serengan, Surakarta. 

  • Toko Roti Orion 

Tidak lengkap rasanya jika ke Solo tanpa berkunjung ke Toko Roti Orion. Sebuah toko roti legenda yang sudah lama berdiri sejak tahun 1932. Roti yang sering jadi incaran untuk dijadikan oleh-oleh adalah Roti Mandarin Orion, yang berupa cake dengan dua lapisan cokelat dan kuning yang terdapat selai nanas ditengahnya. Selain itu roti lain yang sering dijadikan oleh-oleh adalah roti semir putih, keripik dan kerupuk khas Solo, sirop kawista, dan sirop frambozen produk lokal. Toko roti ini terletak di Jalan Jenderal Urip Sumoharjo No.80, Purwodiningratan, Kecamatan Jebres. 

  • Serabi Notosuman

Oleh-oleh lain yang wajib dibawa jika berkunjung ke Solo adalah Serabi. Serabi merupakan makanan khas Kota Solo sejenis kue basah, yang terbuat dari tepung beras dan santan. Kue ini memiliki citarasa gurih nan manis, serta memiliki tekstur yang lembut. Serabi yang terkenal untuk dijadikan oleh-oleh biasanya adalah Serabi Notosuman Ny. Lidia. Salah satu outlet serabi yang cukup terkenal di Kota Solo. Toko Serabi Notosuman Ny. Lidia berada di Jalan Mohammad Yamin No.28, Jayengan, Kecamatan Serengan, Surakarta. 

 

Itulah beberapa lokasi yang bisa kamu jadikan tujuan berburu oleh-oleh ke Kota Solo. Apabila ada rencana jalan-jalan ke Solo, jangan lupa mampir ke toko oleh-oleh tersebut ya. Yuk, berwisata ke Solo!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

149

Visitors today

147

Visits total

522,355

Visitors total

415,990

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta