Pemerintah Kota Surakarta
Olahraga yang Bisa Dilakukan di Area SCFD
  December 18, 2022 10:30

Solo Car Free Day atau yang biasa disingkat dengan SCFD merupakan kegiatan bebas kendaraan bermotor yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Surakarta, dan dilaksanakan setiap hari Minggu. Kegiatan SCFD ini dimulai pada pukul 05.00 WIB hingga 09.00 WIB dan berlokasi di sepanjang Jalan Slamet Riyadi Kota Surakarta. 

 

SCFD merupakan sebuah agenda yang rutin digelar setiap minggunya. Namun, penyelenggaraan dari agenda ini sempat terhenti selama dua tahun kebelakang sejak Maret tahun 2020, sebagai akibat dari pandemi Covid-19. Namun kamu tak perlu khawatir lagi setelah lama vakum, kini kegiatan SCFD telah kembali diselenggarakan pada bulan Mei tahun 2022. 

 

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Solo Car Free Day. Seperti jajan kulineran khas Solo, berbelanja souvenir dan oleh-oleh khas Solo. Selain itu kamu juga berolahraga di SCFD lho. 

 

Berikut jenis-jenis olahraga yang bisa dilakukan di SCFD: 

  • Jalan-jalan sehat 

Pada saat SCFD berlangsung, maka sepanjang Jalan Slamet Riyadi akan ditutup sementara untuk kendaraan bermotor. Dengan adanya penutupan jalan, maka masyarakat bisa menyusuri Jalan Slamet riyadi dengan berjalan kaki atau sekedar jalan-jalan santai. 

  • Jogging 

Selain bisa melakukan aktivitas jalan santai, kamu juga bisa olahraga jogging di sepanjang Jalan Slamet Riyadi lho. Jalan Slamet Riyadi adalah lintasan yang tepat untuk melakukan jogging, karena di jalanan ini sangat rata sehingga sangat cocok untuk dijadikan sebagai lintasan jogging. 

  • Bersepeda 

Selain jalan santai dan jogging, di Solo Car Free Day kamu juga bisa melakukan olahraga bersepeda, lho. Olahraga bersepeda bisa dilakukan di jalan ini, karena jalanan yang bebas kendaraan sehingga bisa membuat aktivitas bersepeda jadi lancar dan tanpa gangguan. Akan tetapi, perlu diingat juga, bahwa pesepeda yang melintas di SCFD juga harus berhati-hati agar tidak sampai menabrak pejalan kaki lainnya. 

  • Senam 

Pada saat kegiatan SCFD berlangsung, banyak sekali kelompok masyarakat yang menggelar sebuah acara pada saat SCFD berlangsung. Salah satunya yaitu senam sehat. Olahraga senam ini biasanya banyak diikuti oleh kelompok ibu-ibu atau anak muda yang berada di acara Solo Car Free Day

Itulah beberapa kegiatan olahraga yang bisa dilakukan di Solo Car Free Day. Kegiatan tersebut bisa kamu lakukan setiap hari di Jalan Slamet Riyadi. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan pada saat melakukan kegiatan tersebut, ya. Agar tercipta lingkungan yang bersih dan nyaman untuk digunakan.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

28

Visitors today

26

Visits total

425,680

Visitors total

330,882

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta