Pemerintah Kota Surakarta
Gadget Ramah Anak
  December 21, 2022 12:15

Gadget merupakan sebuah teknologi pintar yang bisa memberikan kemudahan untuk mengakses dunia luar. Banyak hal yang ditawarkan melalui sebuah gadget. Mulai dari hiburan, berita, olahraga, film dan masih banyak lagi. Meskipun banyak memberikan kemudahan, penggunaan gadget tetap harus dikontrol dan diawasi, terutama pada anak-anak. 

 

Penggunaan gadget berlebihan pada anak bisa berpengaruh terhadap tubuh kembang anak. Hal ini bisa memicu kecanduan yang membuat perilaku anak menjadi berubah. Dengan kecanduan gadget, anak menjadi tidak dapat berkomunikasi dengan baik di dunia nyata. 

 

Terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para orangtua untuk mengontrol penggunaan gadget pada anak. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan, untuk mengontrol dan mencegah kecanduan gadget pada anak: 

 

Yang pertama, batasi waktu penggunaan gadget pada anak. Penelitian menyebutkan waktu maksimal penggunaan gadget pada anak adalah selama 4 jam 17 menit setiap harinya. Dan waktu terbaik yang bisa digunakan untuk bermain gadget adalah pada siang hari. Karena pada malam hari, anak dianjurkan untuk beristirahat. 

 

Yang kedua, gunakan fitur parental control di chrome. Cara berikutnya yaitu dengan membatasi pencarian anak di penelusuran google chrome menggunakan pengaturan parental control. Dengan mengaktifkan fitur ini, orangtua bisa membatasi pencarian yang dilakukan sang anak agar tidak bisa menuju ke situs website yang tidak layak untuk anak-anak. 

 

Yang ketiga, sering memantau aktivitas anak. Sering-seringlah untuk memantau aktivitas yang dilakukan anak pada bagian history google, dan pada message atau chat sang anak di media sosial. Hal ini dilakukan demi mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. 

 

Yang keempat, gunakan aplikasi family link. Aplikasi family link bisa digunakan untuk memantau aktivitas yang dilakukan sang anak seperti pencarian google, mengatur akses ke aplikasi tertentu, dan bisa digunakan untuk mengatur lama screen time di handphone anak. 

 

Yang kelima, atur mobile data limit. Orang tua bisa mengatur batasan jumlah penggunaan data pada handphone anak dengan cara mengatur data limit. Pengaturan ini bisa dilakukan dengan cara, buka menu setting di handphone, kemudian pilih data usage. Kemudian atur berapa besaran data seluler yang bisa digunakan oleh anak. 

 

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk mengontrol dan mengawasi aktivitas gadget pada anak. Hal tersebut harus dilakukan secara disiplin agar anak bisa patuh dan terhindar dari kecanduan gadget.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

1

Visitors today

1

Visits total

425,858

Visitors total

330,981

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta