Pemerintah Kota Surakarta
Skatepark Flyover Purwosari
  December 30, 2022 08:30

Bagi warga Solo yang menyukai olahraga tantangan seperti papan seluncur atau skateboard, bisa berkunjung ke Solo Skatepark yang terletak di bawah Flyover Purwosari. Tempat ini merupakan satu-satunya arena resmi untuk bermain skatepark yang ada di Kota Solo. Yang mana tempat ini juga telah selesai dibangun pada tanggal 9 Maret 2021. 

 

Arena bermain skatepark ini memiliki luas kurang lebih sebesar 40 meter x 14 meter. Lokasi arena skatepark ini tepat berada di bawah flyover alias berada tepat di bawah jalan layang Purwosari, dan bersisian langsung dengan rel kereta api. 

 

Skatepark Flyover Purwosari ini terdiri dari dua bentuk bagian. Satu bagian berbentuk curam, dan satunya lagi berbentuk lebar. Fasilitas publik ini bahkan sudah dibuka sejak akhir bulan Januari tahun 2022. Tempat ini bisa digunakan pada pagi hari hingga sore hari. Jika pada malam hari tempat ini tidak memiliki penerangan yang cukup, sehingga ditutup pada waktu malam hari.

 

Area publik terbuka ini tersedia sejumlah fasilitas lainnya, seperti half pipes spine transfers, handrails, maupun pools. Selain itu, di area ini juga terdapat taman. Tidak ada izin khusus yang dibutuhkan untuk menggunakan fasilitas ini. Fasilitas ini bisa digunakan oleh masyarakat umum secara gratis. 

 

Skatepark Flyover Purwosari dibangun guna untuk mewadahi para pecinta olahraga skatepark dan komunitas skatepark yang ada di Solo. Tujuannya agar mereka tidak kesulitan dalam mencari tempat untuk menyalurkan hobi dan kegemarannya. Ini dapat menambah wadah bagi anak muda di Kota Solo untuk dapat mengekspresikan hobinya lebih mudah.

 

Pembangunan fasilitas Skatepark Flyover Purwosari dilakukan untuk memanfaatkan sejumlah ruang kosong yang tidak terpakai di bawah jembatan flyover tersebut. Hal ini dimaksudkan agar ruang-ruang kosong yang ada di Kota Solo bisa berguna dan digunakan secara maksimal untuk masyarakat setempat. 

 

Selain itu pembangunan area bermain skatepark Purwosari, sejalan dengan wacana Pemerintah Kota Surakarta yang berencana akan membangun fasilitas publik yang bermanfaat untuk masyarakat. Selain itu, pembangunan fasilitas publik ini dilakukan juga demi mendukung kegiatan komunitas-komunitas masyarakat yang ada di Kota Solo. 

 

Dengan adanya fasilitas skatepark ini, masyarakat Solo dihimbau untuk selalu menjaga fasilitas tersebut dengan baik serta menjaga kebersihan di area bermain Skatepark Flyover Purwosari. Hal ini dilakukan guna menciptakan fasilitas publik yang nyaman untuk digunakan secara bersama-sama. 

 

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

42

Visitors today

11

Visits total

416,057

Visitors total

325,386

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta