Pemerintah Kota Surakarta
Saatnya Bangga Pakai Produk Lokal
  December 30, 2022 08:45

Indonesia merupakan salah satu negara yang diberkahi dengan sumber daya alam berlimpah, baik sumber daya alam hayati maupun non hayati. Kekayaan alam Indonesia tersebut hendaknya dimanfaatkan dengan baik oleh negara dan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan bangsa. Potensi besarnya sumber daya alam yang ada di tanah air juga sekaligus dapat memberi kontribusi signifikan terhadap pembangunan negara dan kesejahteraan rakyat.

 

Potensi yang ada haruslah dimanfaatkan dan dikelola dengan sebaik-baiknya, agar dapat memberi manfaat yang besar bagi masyarakat. Pengelolaan yang dilakukan secara optimal akan memberikan dampak cukup besar, termasuk dalam hal perekonomian nasional. Dengan dukungan yang tepat, maka sumber daya yang ada akan dapat diproses untuk kepentingan rakyat, serta dapat menghasilkan produk lokal yang berkualitas. 

 

Pengelolaan sumber daya yang baik dan tepat akan membantu pengelola usaha lokal dalam mengembangkan usahanya. Keberadaan UMKM di tengah persaingan dagang, baik di pasar lokal maupun global, menjadi salah satu pilar penting dalam menggerakkan roda perekonomian di Indonesia. UMKM menjadi usaha yang cukup menjanjikan bagi Indonesia sebab memiliki kontribusi yang besar terhadap PDB bangsa dan mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar, sehingga hal ini dapat mengurangi tingkat pengangguran.

 

Maka, guna menjaga tingkat kestabilan perekonomian bangsa, diperlukan dukungan dari masyarakat untuk meningkatkan konsumsinya terhadap produk lokal. Peran masyarakat sebagai konsumen produk dalam negeri akan memberikan efek yang besar, di antaranya dapat meningkatkan penguatan pasar dalam negeri, meningkatkan peluang meluasnya lapangan pekerjaan bagi masyarakat, serta menjamin pendapatan bagi pekerja lokal. 

 

Bahkan saat ini UMKM telah melakukan pengembangan dan peningkatan terhadap kualitas produknya. Berbagai jenis produk yang ditawarkan oleh UMKM dalam negeri telah hadir dengan serangkaian inovasi yang mengikuti perkembangan zaman. Produk-produk lokal tersebut juga telah menggunakan bahan material yang berkualitas dengan proses pengerjaan yang baik. Meskipun begitu, harga yang dibanderol dari produk lokal dalam negeri tersebut terhitung cukup lebih terjangkau. Hal ini karena UMKM seringkali lebih memilih untuk memanfaatkan sumber daya yang ada.

 

Oleh karena itu, sudah saatnya masyarakat mulai berangsur melirik produk dalam negeri. Dengan mengkonsumsi dan menggunakan produk lokal, masyarakat telah turut serta dalam kampanye mencintai produk dalam negeri. Hal itu berarti masyarakat juga telah andil dalam menyelamatkan serta memperkuat perekonomian nasional melalui dukungannya terhadap para produsen lokal. Mari bersama-sama kita beralih menggunakan produk lokal sebagai wujud nasionalisme terhadap bangsa Indonesia!

Agnia Primasasti
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

35

Visitors today

7

Visits total

416,050

Visitors total

325,382

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta