Pemerintah Kota Surakarta
Sate Kere Kuliner Khas Kota Solo
  December 24, 2022 13:00

Tahukah kamu mengenai Sate Kere? Salah satu kuliner lezat khas Kota Bengawan, yang bahan baku nya terbuat dari tempe gembus. Kuliner ini merupakan salah satu kuliner khas Kota Solo yang cukup populer di kalangan masyarakat. Bahkan makanan ini menjadi salah satu incaran para wisatawan yang berasal dari luar Solo. 

 

Sate kere sempat dipandang sebelah mata, karena bahan-bahannya terbuat dari barang sisa. Tidak hanya dari bahan-bahannya yang dipandang sebelah mata, tetapi juga sejarah  dibalik kemunculannya yang sangat tak terduga membuat sate ini menjadi menu makanan yang sangat istimewa. Mau tahu bagaimana cerita dibalik sate ini? Simak penjelasannya di artikel berikut ini!

 

Sate Kere merujuk pada kata “kere” dalam Bahasa Jawa yang memiliki arti miskin atau tidak memiliki uang. Hal ini didasarkan pada zaman pendudukan Belanda, yang menyantap sate ini adalah orang pribumi yang berasal dari kalangan tidak mampu. Hal ini dikarenakan pada waktu itu bahan baku pembuatan sate seperti daging memiliki harga yang cukup tinggi. Sehingga rakyat pribumi pada waktu itu mengganti daging dengan ampas tahu atau tempe gembus, dan jeroan sebagai pengganti daging. Kemudian dari situlah penamaan Sate Kere muncul. 

 

Konon katanya, Sate Kere merupakan hasil kreatifitas dari kaum inlander dalam memanfaatkan bahan makanan yang dibuang oleh kaum kulit putih atau kalangan atas pada masa pendudukan Belanda. Sate ini juga merupakan sebuah counter culture atau budaya tanding yang dibuat kaum penjajah terhadap sang penjajah. Jika si penjajah karena kekuasaan dan kekayaannya mampu menikmati sate daging, maka kaum miskin atau pribumi yang terjajah hanya bisa memanfaatkan sisa-sisanya. Maka dari itu tak heran jika Sate Kere adalah makanan yang umum dimakan oleh kaum miskin atau kere. 

 

Meskipun sate ini dulunya merupakan makanan bagi kaum miskin atau tidak mampu, sekarang Sate Kere telah berubah menjadi makanan yang wajib disantap bagi para wisatawan yang datang dari luar daerah Solo. Bahkan sekarang Sate Kere juga telah populer di berbagai lapisan masyarakat lho. Hal ini dikarenakan sate ini memiliki citarasa yang khas dan lezat sehingga membuat siapapun yang menyantapnya langsung jatuh cinta dengan citarasanya. 

 

Sate Kere ini bisa ditemukan di setiap sudut Kota Solo. Di kota ini banyak sekali restoran dan warung makan yang menjual Sate Kere, bahkan sejak puluhan tahun lalu. Jika kamu ke Solo jangan lupa untuk mencoba kuliner yang satu ini ya. Karena Sate Kere merupakan hidangan lezat nan nikmat dengan harga yang merakyat.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

29

Visitors today

12

Visits total

425,889

Visitors total

330,994

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta