Pemerintah Kota Surakarta
Mengenal Gapura Baru di Kota Solo
  December 26, 2022 09:30

Koridor Gatot Subroto ditengarai akan segera rampung. Hal ini terlihat dari bekas-bekas material di lokasi pembangunan yang sudah berangsur disingkirkan. Nantinya, lokasi ini dapat menjadi tempat untuk bersantai di tengah kota yang bisa dikunjungi secara gratis. Dengan berkunjung ke tempat ini, pengunjung bisa menikmati keramaian dan suasana tengah kota Solo yang damai. 

 

Menariknya, jika akan melewati koridor ini, pengunjung disuguhkan dengan 2 (dua) gapura yang berdiri saling berhadapan. Satu gapura berada di sisi selatan berwarna biru dan putih, dan satu lainnya berada di sisi utara dengan warna cat hijau kuning. Tentu, ini menambah daftar gapura-gapura yang ada di Kota Solo.

 

Diketahui bahwa gapura yang berdiri di sisi selatan merupakan lambang dari Keraton Kasunanan Surakarta. Gapura ini didominasi warna biru muda dengan sedikit perpaduan warna putih. Kedua warna tersebut melambangkan penolak bala atau segala hal jahat. Pada puncaknya terdapat bentuk kuncup bunga padma. Ini merupakan simbol dari bunga teratai yang mengandung filosofi sebagai bunga kehidupan. Dikatakan demikian, karena bunga ini dapat tumbuh sempurna, baik itu di lumpur atau di permukaan air sekalipun. Dalam pewayangan, bunga ini ditemukan pada wayang gunungan, tepatnya berada di paling puncak. Jika dianalogikan, penempatan lambang bunga padma pada gapura tersebut memuat pengharapan agar seluruh masyarakat Kota Solo tanpa terkecuali bisa mendapatkan kehidupan yang harum dan sejuk, serta dapat hidup berdampingan dengan semesta dengan baik.

 

Sementara, di seberangnya atau di sisi utara terdapat gapura yang merupakan lambang dari Pura Mangkunegaran. Gapura ini berwarna kuning dan hijau. Filosofi yang diangkat melalui warna tersebut adalah simbol dari kehidupan yang subur. Makna dari gapura yang bisa diambil adalah harapan supaya wilayah Kota Solo memiliki potensi yang bisa memakmurkan warganya. Demikian, maka masyarakat Kota Solo dapat hidup dikelilingi dengan limpahan berkah.

 

Hadirnya 2 (dua) ikon baru di Kota Solo membuat wajah kota ini menjadi nampak lebih erat dengan budaya dan tradisi yang dimilikinya. Pertemuan antara kedua gapura menunjukkan bahwa 2 (dua) kekuasaan keraton di Solo hidup berdampingan dengan tenteram. Selain itu, penempatan gapura di pertengahan Koridor Gatot Subroto membuat bangunan ini melebur dengan struktur kontemporer yang diusung di Kota Solo. Yuk, berkunjung ke Solo dan lihat keindahan kedua gapura tersebut!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

5

Visitors today

4

Visits total

425,857

Visitors total

330,980

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta