Pemerintah Kota Surakarta
Didampingi Zookeeper, Pengunjung Solo Safari Nyaman Berinteraksi dengan Satwa
  February 3, 2023 11:15

Menyapa berbagai hewan dari dekat, merupakan aktivitas yang sangat disukai anak-anak. Maka tak heran, bila setiap orangtua sering mengajak buah hati mereka berlibur ke tempat-tempat yang banyak satwa guna mengenalkan anak-anak untuk menyayangi hewan.

Di beberapa kota keberadaan kebun binatang sudah sangat lazim ditemui. Namun menemui satwa dari jarak dekat dan bisa berinteraksi dengan beberapa satwa tertentu, mungkin baru konsep taman safari yang baru ada saat ini.

 Demikian halnya keberadaan Solo Safari (dulu bernama Taman Satwa Taru Jurug) yang dikonsep membebaskan hewan seperti di habitatnya, merupakan hiburan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Pemerintah Kota Surakarta mempercayakan Taman Safari Indonesia untuk membantu mengelola Solo Safari secara profesional.

Berbagai fasilitas dibangun guna menunjang kenyamanan para pengunjung. Juga penambahan koleksi hewan menjadi bagian yang tak terpisahkan. Namun yang tampak terasa adalah kehadiran beberapa zookeeper atau penjaga satwa, yang bekerja dan disebar di beberapa spot hewan.

 Kehadiran mereka, sekilas hanya sebagai petugas Solo Safari yang tak memiliki peran. Namun jangan salah, justru kehadiran zookeeper sangat vital, karena menjamin keamanan pengunjung dari gangguan di luar dugaan yang bisa saja muncul, lantaran dorongan naluri hewan yang kadang terganggu.

 Di tangan zookeeper hampir seluruh hewan tampak jinak dan bisa diajak untuk berinteraksi dengan pengunjung. Sangat terlihat kecakapan zookeeper saat mengenalkan hewan-hewan seperti reptil ular, burung elang, gajah dan lainnya ke pengunjung Solo Safari.

Pengunjung merasa jauh lebih aman ketika zookeeper berada didekat hewan-hewan tersebut. Demikian juga ketika Walikota Solo, Gibran Rakabuming Raka saat soft opening Solo Safari (27 Januari 2023), tak merasa takut ketika mendekati ular, burung elang dan gajah. Sebab semua satwa tersebut berada dalam pengawasan dan pendampingan zookeeper.

 Oleh manajemen Solo Safari, kedekatan pengunjung dengan hewan-hewan merupakan salah satu daya tarik yang sangat bagus guna meningkatkan kunjungan. Ada sensasi tersendiri bagi pengunjung yang belum pernah berinteraksi langsung dengan hewan-hewan tertentu. Maka sikap profesional dan kecakapan dari zookeeper sangat dibutuhkan, agar pengunjung senang, nyaman dan aman.

 Mereka yang dipercaya sebagai zookeeper, tentu sudah memiliki jam terbang latihan yang lumayan lama. Selain memberi makan hewan, mereka juga bertugas membersihkan tempat pertunjukan atau kandang, pelatihan, menjaga kesehatan, pengamatan perilaku hewan dan kondisi lingkungan serta kesejahteraan satwa.

 Dengan pelatihan dan kesabaran dalam menghadapi hewan, menjadikan relasi mereka dengan satwa yang dilatihnya menjadi sangat dekat, seolah sudah bisa saling mengerti, layaknya seorang pawang hewan. Acap kali zookeeper sampai hafal semua nama satwa yang didampinginya, sehingga saat dipanggil namanya, satwa tersebut dengan jinak menghampiri sang zookeeper tersebut.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

22

Visitors today

13

Visits total

425,318

Visitors total

330,659

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta