Pemerintah Kota Surakarta
Apa Bedanya Awul-awul dan Thrifting?
  June 23, 2022 12:30

Barang thrift menjadi populer di kalangan anak-anak muda akhir-akhir ini. Barang thrift ini aslinya merupakan barang awul-awul, baju bekas pakai orang lain yang dijual kembali, biasanya baju-baju ini diimpor dari Amerika, Jepang, China, Korea dalam jumlah yang besar. Tren dari thrifting di kalangan milenial terjadi dalam empat tahun terakhir, anak muda zaman sekarang sangat memperhatikan gaya berpakaian mereka. Bahkan mereka rela menghabiskan uang demi menunjang penampilan yang keren dan unik. 

 

Pasar thrifting di Solo memperlihatkan perkembangan yang bagus, sudah beberapa kali festival baju bekas diadakan di Terminal Tirtonadi dan terbukti menjaring banyak pengunjung. Sebenarnya awul-awul bukanlah hal yang baru di kalangan masyarakat, sudah sejak zaman dulu, baju-baju bekas dijual di pasar. Tapi, tren awul-awul zaman dahulu dan sekarang mengalami perbedaan yang jauh. Dulu, barang awul-awul lebih banyak dibeli oleh kalangan tua, tapi sekarang awul-awul menjadi tren fashion di kalangan muda. 

 

Fashion dengan barang awul-awul biasa disebut vintage. Fashion Designer dari brand Rengganis dan Indische sekaligus Vice Executive Chairman Indonesian Fashion Chamber (IFC), Riri Rengganis, menjelaskan bahwa ada tiga faktor yang memicu orang-orang menyukai thrifting. Pertama, dengan membeli barang awul-awul akan menantang kreativitas dalam styling, terdapat unsur kejutan saat berbelanja  awul-awul, istilahnya lebih seru dibanding membeli baju baru. Kedua, karena barang awul-awul lebih murah, dan ketiga karena adanya kesadaran ramah lingkungan untuk mengurangi limbah dari baju bekas. 

Solo sendiri memiliki spot-spot untuk berbelanja baju bekas, diantaranya Pasar Klitikan Notoharjo, Pasar Ngudi Rejeki Gilingan, Pasar Gading, dan terkadang ada event-event di Tirtonadi. Info event bisa didapatkan dari sosial media Instagram akun-akun promosi di Solo. Saat membeli barang awul-awul, selalu cek kondisi barang, ketahui harga pasar, jangan sampai beli barang awul-awul terlalu mahal. Selain itu, pastikan sebelum dipakai, cuci dahulu sampai bersih ya!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

17

Visitors today

15

Visits total

425,201

Visitors total

330,588

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta