Pemerintah Kota Surakarta
Kampung Ramadan 2023, Ornamen Islam Hiasi Kawasan Plaza Balaikota Surakarta. Suasana Malam Dipenuhi Gemerlap Lampu, Jadi Bikin Betah Warga
  April 6, 2023 11:15

Indah. Cuma itu yang bisa tergambar bila melintas kawasan Plaza Balaikota Surakarta. Lampu kuning yang bergelantung tidak hanya di tengah jalan, namun juga menghiasi Tugu Pemandengan dan pohon-pohon besar, sehingga menambah malam Ramadan menjadi semakin bermakna. 

 

Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta, kembali menghiasi kawasan Plaza Balaikota dengan berbagai ornamen. Sebelumnya, sejak menyambut Natal (2022), Tahun Baru, Imlek dan Nyepi (2023), Pemkot memasang berbagai ornamen menarik sebagai bentuk atau cermin Kota Solo adalah Kota Toleransi. Keragaman tradisi agama dan budaya menjadi salah satu ciri khas Solo, sebagai kota yang nyaman bagi seluruh pemeluk agama dan etnis. 

 

Pada Ramadan 1444 H/2023 M ini, sepanjang satu bulan penuh, giliran ornamen Islam khas Ramadan dipasang untuk menghiasi kawasan Plaza Balikota. Sepanjang Jalan Jenderal Sudirman hingga Bundaran Gladak, juga dipasang ornamen replika menara dan kubah masjid. Bila pada malam hari, lampu yang terpasang di replika menara, makin menambah keindahan suasana di Jalan Jenderal Sudirman. 

 

Sementara dari arah selatan, tepatmya di perempatan Bank Indonesia, terpasang gapura bertulis Kampung Ramadan 2023. Memang sangat berbeda suasana yang terbentuk di sekitar Plaza Balaikota. 

 

Belum lagi keindahan yang sama bisa ditemui di atas Jembatan Kali Pepe, tepatnya di depan Pasar Gede. Ornamen gerbang besar di atas Kali Pepe bertulis ‘Marhaban ya Ramadhan’ terpasang dengan indah. Di atas gerbang tersebut, terpasang kubah masjid yang dihiasi dengan lampu-lampu kecil. Di atas Jembatan Kali Pepe juga terbentang lampion-lampion Ramadan. 

 

Hampir semua spot menjadi spot yang sangat instagramable dan langsung banyak diunggah warga Solo. Memang semua tempat tampak begitu indah, sangat sayang jika tidak diabadikan untuk vlog video atau foto-foto untuk diunggah di media sosial. 

 

Yang nggak kalah seru, ada ‘Kampung Ramadhan 2023’ yang digelar di sisi utara halaman Balaikota Surakarta. Stan atau booth berbagai makanan dan minuman untuk berbuka puasa, banyak ditawarkan di sana. Mulai jajanan tradisional hingga kekinian, ikut melengkapi Kampung Ramadhan 2023. 

 

Tempe mendoan, tahu gejrot, dawet dan berbagai jajanan takjil untuk berbuka, sudah sangat komplit dipilih dengan harga-harga yang sangat terjangkau. Tempat ini memang asyik untuk ngabuburit dan bebas berswafoto sembari menunggu waktu berbuka. 

 

Kampung Ramadan sengaja dibuka untuk memberikan kesempatan warga Solo sebagai areal ngabuburit yang asyik, baik bersama teman atau keluarga. Warga bisa merasakan kenyamanan menunggu waktu berbuka mulai pukul 16.00 hingga 21.00 WIB. Sejak Sabtu, 25 Maret 2023, Kampung Ramadan dibuka secara resmi oleh Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka dengan memukul bedug. 

 

Kampung Ramadan 2023, tidak hanya menggelar berbagai produk 30 UMKM dalam Pasar Takjil UMKM, namun juga diisi dengan berbagai event yang menyertainya, seperti peringatan Earth Hour atau Hari Bumi, Festival Lampu, Penampilan Hadrah dan Lomba Hafalan Alquran. 

 

Yang menyita perhatian warga Solo, ada kehadiran MasterChef Indonesia, Arnold Poernomo atau Chef Arnold dan YouTuber Bobon Santoso pada Sabtu (25/3/2023). Mereka mendemokan masak gulai ayam menggunakan wajan besar di Plaza Balaikota Surakarta. Hasil masakan itu, kemudian dibagikan ke warga secara gratis sebanyak 1.000 porsi. 

 

Aksi para public figure tersebut, mengundang warga Solo yang berada di sekitar Plaza Balaikota ikut menyaksikan aksi mereka. Seru dan menarik, karena kehadiran public figure yang selama ini hanya dilihat di layar kaca, bisa disaksikan langsung oleh warga. Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka terlihat ikut menemani para chef ternama yang memasak gulai ayam dalam wajan besar. 

 

Nuansa Ramadan 1444 H/2023 M kali ini memang sangat berbeda, Pemkot Surakarta memberikan kesempatan warga untuk berpartisipasi di Kampung Ramadan untuk mencicipi berbagai takjil selama bulan suci. Kalian sudah upload foto-foto dan videomu di Kampung Ramadan Balai Kota Surakarta? Kalau belum, yuk buruan datangi Kampung Ramadan dan pastikan kontenmu di sosial media bisa memberikan informasi keren untuk Kota Solo.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

14

Visitors today

11

Visits total

425,589

Visitors total

330,814

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta