Pemerintah Kota Surakarta
Wali Kota dan Keluarga Salat Id di Balai Kota pada Lebaran 2023. Jemaah Memadati Halaman Balai Kota Surakarta
  April 22, 2023 10:30

Hari kemenangan telah tiba, seiring kumandang takbir pada Hari Raya Idul Fitri 1444 H/ 2023 M, umat muslim menunaikan ibadah Salat Id pada Sabtu (22/4/2023).

 

Pagi, pukul 05.00 WIB, halaman Balai Kota Surakarta masih tampak lengang. Seiring waktu yang bergerak, puluhan orang mulai memadati halaman rumput hijau dan mengambil posisi untuk menunaikan salat Id. Jemaah putra melaksanakan salat di lapangan tengah, sementara jemaah putri berada di sisi selatan lapangan.

 

Satu per satu jemaah yang tiba memilih posisi dan menggelar sajadah yang dibawanya. Ada yang datang seorang diri, ada yang tiba berdua dengan temannya, ada pula yang datang serombongan keluarga.

 

Tak lama berselang keluarga Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka bersama keluarga terlihat tiba di lapangan Balai Kota. Gibran dan Jan Ethes mengambil posisi di saf depan tempat jemaah putra. Usai menyalami jemaah, Gibran langsung fokus menanti dimulainya salat Id.

 

Tepat pukul 06.30 WIB, Salat Idul Fitri 1444 H dimulai. Secara khusyuk, Gibran mengikuti salat Id. Demikian juga jemaah yang hadir, menjalankan salat dengan khidmat. Terlihat dari raut bersinar wajah para jemaah, menyiratkan kemenangan setelah berpuasa selama sebulan.

 

Jemaah sebagian besar mengenakan baju putih yang bersih, terlihat memenuhi halaman Balai Kota Surakarta pada Idul Fitri tahun 2023 ini. Mereka tidak hanya warga Solo, namun berbaur dengan warga perantau atau sanak saudara yang sedang mudik ke Solo. Hal itu terlihat dari mobil yang terparkir di sekitar Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Arifin, banyak berplat nomor luar kota.

 

Balai Kota Surakarta selalu menjadi saksi kerukunan umat beragama. Sudah banyak event-event perayaan hari besar agama yang digelar di Plaza Balai Kota Surakarta. Warga Solo merasakan hidup damai karena Pemerintah Kota (Pemkot) Surakarta selalu memelopori dan mengajak warga untuk hidup saling menghargai sebagai bentuk toleransi kepada umat beragama.

 

Usai salat Id, Wali Kota membagikan amplop fitrah kepada ratusan anak yang mengikuti salat Idul Fitri di Balai Kota Surakarta. Tidak hanya ingin menerima amplop Lebaran, namun anak-anak yang diajak oleh keluarganya, juga berebut ingin berfoto bersama Wali Kota. Dengan sabar Wali Kota meladeni warganya untuk berfoto atau mengambil video.

 

Momentum di halaman Balai Kota Surakarta, juga dijadikan ajang berswafoto suasana salat pada Lebaran 2023 ini. Sebelum salat, mereka sibuk mengeluarkan Ponselnya untuk mengambil beberapa spot yang dianggap menarik oleh jemaah. Demikian pula usai salat, mereka melanjutkan untuk mengabadikan momentum tersebut. Terlebih dengan kehadiran Wali Kota Surakarta dan keluarga, menjadi momentum yang sulit untuk dilepas begitu saja oleh para warga. Usai salat di halaman Balai Kota, para jemaah berkemas dan melanjutkan aktivitas lain bersama keluarga.

 

Minal ‘Aidin Wal Faizin. Selamat Hari Raya Idul Fitri 1444 H/ 2023 M. Semoga di hari kemenangan ini, kita kembali ke fitrah atau kesucian diri. Amin.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

21

Visitors today

17

Visits total

425,596

Visitors total

330,820

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta