Pemerintah Kota Surakarta
Solo Punya Candi? Ada Candi Mangkubumen, Tempat Dikuburnya Ari-ari Patih Sasranagara. Disebut Candi Tapi Bangunananya Unik Khas Eropa
  June 1, 2023 10:15

Ada sebuah bangunan yang cukup unik di tengah tanah kosong di ruas Jalan Dr Cipto Mangunkusumo, Mangkubumen, Solo. Bangunan ini berbentuk unik, karena berarsitektur mirip menara gereja Eropa. Semula banyak yang menganggapnya sebuah makam, karena dipasang pagar pembatas di sekelilingnya. 

 

Namun, bila menelisik lebih jauh, bangunan unik dan kecil ini adalah tempat dikuburnya ari-ari (tali pusar) dari seorang Patih Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, yaitu Patih KRA Sasranagara. Patih ini hidup pada masa pemerintahan Pakubuwono IX. KRA Sasranagara memerintah sebagai Adipati pada tahun 1866 dan pernah tinggal di Rumah Kadipaten di kawasan Kampung Kepatihan, Solo. 

 

Bangunan ini dikenal warga sebagai Candi Mangkubumen, meskipun sama sekali tidak ada bentuk candi, seperti candi pada umumnya (Hindu-Budha), karena sejatinya memang bukan candi.  Mungkin kalau lebih tepatnya, bangunan tersebut adalah semacam tugu. Menengok lebih dekat bangunan tersebut, tingginya sekitar 3 meter dan dipagari keliling. Ada tempat dupa yang mungkin biasa dipergunakan keluarga atau warga untuk berziarah. 

 

Meskipun kondisi saat ini berada di tanah kosong, namun dari masa ke masa, bangunan ini pernah ‘ditemani’ oleh beberapa bangunan. Tak jauh dari Candi Mangkubumen, saat ini berdiri bangunnan mal yang megah. Namun sebelum berdiri mal, pernah berdiri Rumah Sakit Umum Mangkubumen yang kemudian berubah nama menjadi RSUD Dr Moewardi, sebelum dipindah ke Jebres. 

 

Setelah keberadaan rumah sakit tak ada lagi, tanah kosong tersebut pernah diisi untuk tempat wedangan yang kala itu cukup ramai. Setelah wedangan tersebut berpindah tempat, kini Candi Mangkubumen itu ‘ditemani’ warung gado-gado dan lotek yang membuka warungnya di depan Candi Mangkubumen. 

 

Konon bangunan itu sudah mulai ada sejak tahun 1840 sebagai penanda tempat menanam atau mengubur ari-ari (tali pusar) Patih Sasranagara.  

 

Patih sendiri adalah seorang orang yang sangat dipercaya raja dan biasanya menjadi wakil seorang raja. Kepatuhan atau loyalitasnya terhadao raja sudah teruji. Patih termasuk golongan atau kelas bangsawan pada masa kerajaan di nusantara. 

 

Yang menarik memang bentuknya yang berarsitektur Belanda atau Eropa. Bila mengunjungi makam-makam Belanda, banyak sekali nisan-nisan makam yang memiliki bentuk hampir serupa. Demikian pula pada bentuk tugu pada Candi Mangkubumen, terlihat vertikal dan berciri khas Eropa dengan empat tiang penyangga. Atapnya mengerucut ke atas dengan ukiran ornamen khas Eropa.   

 

Diperkirakan bangunan tersebut dibangun sekitar tahun 1840. Patih KRA Sasranagara yang lahir 1811, kemudian ari-arinya ditanam di tempat tersebut. Pada masa hidupnya, Pakubuwono IX mengangkatnya sebagai Patih pada tahun 1866. Keputusan mengangkatnya sebagai Patih, karena memang pertimbangan yang pantas, sebab Sasranagara dikenal sebagai orang cakap dan pandai khususnya dalam mengambil keputusan. Sehingga kemampuan yang dimilikinya itu banyak sekali membantu roda pemerintahan Pakubuwono IX. 

 

Selama membantu Sinuhun Pakubuwono IX, tugas yang diembannya, dijalankan dengan penuh amanh. Hingga beliau wafat dan dimakamkan di kawasan Manang. Hingga  kini banyak orang berziarah ke makamnya. 

 

Tempat tersebut saat ini masih terawat dengan baik. Keberadaannya menjadi bukti bahwa bangunan tersebut menjadi bukti penghargaan terhadap seorang Patih yang sangat disegani pada masa itu. Bangunan tersebut memang unik. Sepertinya hanya satu-satunya di Kota Solo, terutama yang terkait dengan jejak seorang Patih. Mungkin tempat ini bisa kalian jelajahi lebih jauh, yang mungkin bisa berguna untuk menambah wawasan sejarah kalian tentang Kota Solo. Silahkan bagikan konten-kontenmu ke teman-teman kalian bila berkunjung ke Candi Mangkubumen, supaya banyak orang berkunjung ke Solo yang sarat akan kisah-kisah sejarah.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,984

Visitors total

331,050

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta