Pemerintah Kota Surakarta
Pencapaian Luar Biasa Kota Solo Tahun 2023: Transformasi Membanggakan
  December 19, 2023 11:30

Kota Solo, yang juga dikenal sebagai Surakarta, telah menorehkan sejumlah prestasi gemilang dalam kurun waktu setahun terakhir. Data statistik yang baru dirilis menunjukkan lonjakan positif yang menggembirakan dalam berbagai sektor kunci, mengukuhkan statusnya sebagai salah satu kota terdepan di Indonesia.

  1. Penanggulangan Kemiskinan: Meningkatkan Kualitas Hidup

Kemiskinan di Kota Solo telah mengalami penurunan yang signifikan. Jumlah penduduk miskin menurun sebanyak 2,05 ribu orang dari tahun 2022, mencapai angka 43,89 ribu orang. Persentase penduduk miskin juga turun drastis sebesar 0,40 persen, mencapai 8,44 persen pada tahun 2023. Berkat upaya ini, Garis Kemiskinan naik menjadi Rp. 62.512 per kapita per bulan.

  1. Perhatian Serius terhadap Stunting

Peningkatan kasus stunting pada anak balita menjadi perhatian serius. Meskipun terdapat 1.050 anak balita yang terkena stunting pada 2023, penurunan sebesar 16,2% dari tahun sebelumnya memberikan harapan. Program-program seperti Tim Pendamping Keluarga, Rembug Stunting, Grebeg KB, dan Sultan Nikah Capingan aktif menjalankan peran penting dalam pencegahan stunting.

  1. Peningkatan Rumah Layak Huni

Adanya upaya dari Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperum KPP) Kota Surakarta dalam membantu rumah tidak layak huni (RTLH) telah memberikan dampak positif. Dari total 4.000 RTLH, sudah terbantu sebanyak 1400 rumah pada tahun ini. 

  1. Solusi Terhadap Genangan Air

Kota Solo juga melakukan langkah preventif terhadap genangan air dengan mencatatkan titik-titik potensial seperti viaduct Gilingan, Jl. Slamet Riyadi, Jl. K.S. Tubun, Manahan, dan sejumlah lokasi lainnya.

  1. Pertumbuhan Ekonomi yang Menggembirakan

Pertumbuhan ekonomi Kota Solo tumbuh pesat, melampaui angka nasional, dari -1,76 pada tahun 2020 menjadi 6,25 pada tahun 2022. Prestasi ini sejalan dengan penurunan tingkat pengangguran dan peningkatan jumlah angkatan kerja.

  1. Pencapaian Lainnya yang Membanggakan

Kota Solo juga memperoleh prestasi tinggi dalam sektor pariwisata, dengan lonjakan pengunjung dan peningkatan tingkat hunian hotel yang signifikan. Dalam bidang pendidikan, penurunan angka putus sekolah juga menjadi pencapaian yang patut disyukuri.

  1. Penghargaan dan Pengakuan Internasional

Kota Solo memperoleh berbagai penghargaan bergengsi, seperti penobatan sebagai Kota Kreatif oleh UNESCO, serta penghargaan dalam bidang lingkungan, layanan investasi, kesehatan universal, dan pemerintahan digital. Capaian realisasi investasi melebihi target yang ditetapkan pada tahun 2023, menegaskan potensi besar Kota Solo dalam menarik investasi.

Prestasi luar biasa yang diraih oleh Kota Solo dalam setahun terakhir menunjukkan komitmen yang kuat dari pemerintah dan masyarakat dalam mencapai kesejahteraan dan kemajuan bersama. Dengan segala pencapaian gemilangnya, Kota Solo semakin kokoh sebagai simbol kesuksesan, inovasi, dan kenyamanan bagi warganya serta menjadi inspirasi bagi kota-kota lainnya di Indonesia.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

23

Visitors today

14

Visits total

425,319

Visitors total

330,660

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta