Pemerintah Kota Surakarta
Kota Solo Punya Spot Jogging Gratis untuk Olahaga yang Aman dan Nyaman
  February 3, 2024 10:15

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Selain memiliki manfaat kesehatan fisik, olahraga juga dapat meningkatkan kualitas hidup seseorang.

 

Secara umum, orang dewasa yang berusia 19-64 tahun membutuhkan dua jenis olahraga, yakni latihan aerobik dan latihan untuk kekuatan otot. Total waktu yang dibutuhkan untuk berolahraga sekitar 150 menit per minggu.

 

Solo merupakan salah satu kota yang menyediakan beragam fasilitas, terutama fasilitas olahraga yang aman dan nyaman bagi masyarakat. Berikut beragam beragam tempat atau spot asyik yang bisa digunakan untuk jogging di Kota Solo:

  • Taman Jaya Wijaya

Taman yang berlokasi di Mojosongo, Jebres ini menjadi salah satu tempat olahraga jogging di Kota Solo. Di sini kamu bisa berolahraga serta jalan-jalan bersama keluarga. 

  • Taman Monumen 45 Banjarsari

Taman yang dekat dengan Pasar Legi ini juga bisa digunakan menjadi area olahraga jogging menarik di Kota Solo. Di taman ini menyediakan trek jogging dan memiliki tempat yang cukup nyaman serta asri karena terdapat beberapa pohon.

 

Banyak orang tua yang berkunjung ke sini untuk berolahraga dan mengajak buah hatinya bermain. Hal ini karena di taman Monumen 45 Banjarsari juga menyediakan beragam wahana permainan yang bisa dimanfaatkan oleh si kecil.

  • Stadion Manahan

Komplek Stadion Manahan Solo memiliki luas sekitar 170 ribu meter persegi yang cocok digunakan sebagai area berolahraga. Di lingkungan Stadion Manahan juga menyediakan spot-spot nyaman untuk berolahraga, seperti jogging, senam, sepatu roda, dan lainnya.

 

Fasilitas tersebut dapat dinikmati oleh masyarakat umum secara gratis dan hanya membayar karcis parkir.

  • Stadion Sriwedari

Stadion Sriwedari berlokasi di Jalan Bhayangkara Nomor 5, Sriwedari, Kecamatan Laweyan. Bagi kamu yang ingin berolahraga jogging, bisa mencoba trek di luar area Stadion Sriwedari.

  • Kampus Pusat Universitas Sebelas Maret (UNS)

Kampus Pusat UNS berlokasi di Jebres, Kecamatan Jebres, Surakarta. Kampus pusat ini boleh digunakan untuk olahraga jogging masyarakat umum, namun ketika ada acara tidak boleh.

  • Pintu Air Demangan

Pintu Air Demangan berlokasi di Jalan Tanggul, Sewu, Jebres, Surakarta. Tempat ini biasanya digunakan untuk berolahraga jogging karena terdapat trek jogging yang menarik, yakni melewati jembatan.

  • Lapangan Penumping

Lapangan yang berlokasi di dekat kantor Kecamatan Laweyan ini menyediakan fasilitas untuk berolahraga, seperti tenis, voli, futsal, basket, hingga jogging track. Beragam fasilitas tersebut bisa digunakan oleh semua kalangan masyarakat umum.

 

Dengan beragam fasilitas olahraga ini, masyarakat Kota Solo diharapkan dapat menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Semoga semakin banyak fasilitas olahraga berkualitas yang aman dan nyaman di kota ini. Terus jaga kesehatan tubuh dengan tetap berolahraga!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

425,394

Visitors total

330,705

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta