Pemerintah Kota Surakarta
Rekomendasi Event Pemkot Solo Bulan Februari 2024: Merayakan Keanekaragaman Budaya dan Peran Media
  February 8, 2024 11:15

Pemerintah Kota Solo kembali mempersembahkan rangkaian acara menarik untuk memeriahkan bulan Februari 2024. Event-event ini tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan warga Solo kesempatan untuk merayakan keberagaman budaya dan meningkatkan peran media dalam membangun bangsa. Berikut adalah rekomendasi acara yang dapat dihadiri di bulan ini:

  1. Grebeg Sudiro: 4 Februari 2024, Pasar Gede Solo Pasar Gede Solo akan menjadi saksi perayaan Grebeg Sudiro pada 4 Februari 2024. Event yang merayakan perpaduan budaya China dan Jawa ini telah menjadi bagian penting dari tradisi Kelurahan Sudiroprajan sejak tahun 2007. Dengan 4.000 kue keranjang dibagikan kepada penonton, Grebeg Sudiro tidak hanya mengusung pesan keharmonisan, tetapi juga memperkuat rasa persatuan di antara beragam etnis dan agama yang ada di Sudiroprajan.
  2. Festival Hadrah: 10 Februari 2024, Stadion Sriwedari – Balaikota Surakarta Peringatan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW Tahun 2024 akan diselenggarakan di Stadion Sriwedari dan Balaikota Surakarta pada 10 Februari 2024. Pemerintah Kota Solo mengajak warga untuk bersama-sama merenung dan merayakan moment penting dalam sejarah Islam.
  3. Opera Adheging Kutha Sala: 17 Februari 2024, Balaikota Surakarta Merupakan bagian dari perayaan hari jadi kota, Opera Kolosal Adheging Kutha Sala akan mengajak penonton untuk menjelajahi sejarah berdirinya Kota Solo. Sebuah pertunjukan yang tak hanya menghibur, tetapi juga mengedukasi tentang akar budaya kota yang kaya.
  4. Kirab Boyong Kedhaton: 17 Februari 2024, Balaikota Surakarta Sebagai penutup Opera Kolosal Adheging Kutha Sala, Kirab Boyong Kedhaton akan memperlihatkan gambaran arak-arakan peserta kirab yang mencerminkan persatuan rakyat. Dari Keraton Kartasura menuju Keraton Surakarta, ini adalah perjalanan yang memadukan tradisi dan kebanggaan akan sejarah kota.
  5. Festival Jenang: 17 Februari 2024, Kawasan Ngarsopuro Solo Yayasan Jenang Indonesia menggelar Festival Jenang sebagai bagian dari peringatan Hari Jadi Kota Solo pada 17 Februari. Festival ini tidak hanya menjadi wadah untuk melestarikan jenang, tetapi juga untuk memperkenalkannya kepada generasi muda.
  6. Sendratari Ramayana “Rama Tundung”: 23 Februari 2024, Taman Sriwedari Solo Sendratari Ramayana hadir sebagai daya tarik untuk mempromosikan pariwisata Solo pada 23 Februari. Sebuah pertunjukan yang memadukan tari dan drama tanpa dialog, mengangkat cerita epik Ramayana.
  7. Festival Cap Go Meh: 25 Februari 2024, Pendhapi Gedhe Balaikota Surakarta Cap Go Meh, sebagai penutup rangkaian perayaan Tahun Baru Imlek, menghadirkan atraksi barongsai, musik, dan tarian khas China. Sebuah perayaan yang tidak hanya merayakan Tahun Baru Imlek, tetapi juga semangat gotong royong Indonesia.
  8. Festival Pers 2024: Monumen Pers Nasional Monumen Pers Nasional menggelar Festival Pers 2024 sebagai bentuk peringatan Hari Pers Nasional selama sebulan penuh. Rangkaian kegiatan termasuk pameran foto, talkshow, workshop, dan lomba untuk berbagai kalangan masyarakat. Festival ini tidak hanya mengapresiasi peran media massa, tetapi juga memberikan kesempatan pada generasi muda untuk mengembangkan kreativitas dan keahlian mereka dalam dunia media.

Dengan beragam acara yang ditawarkan, Pemkot Solo mengundang warga untuk turut serta merayakan keanekaragaman budaya dan mendukung peran media dalam membangun masyarakat yang harmonis dan dinamis. Selamat menikmati serangkaian acara yang penuh makna dan keseruan di bulan Februari 2024!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,061

Visitors total

329,916

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta