Pemerintah Kota Surakarta
Memeriahkan Imlek Bersama Kota Solo 2024: 5000 Lampion dan Grebeg Sudiro 2024
  February 9, 2024 11:15

Tahun Baru China atau Imlek sebentar lagi akan dirayakan dengan penuh semangat di Kota Solo, tepatnya mulai 15 Januari hingga akhir Februari 2024. Panitia Imlek Bersama Kota Solo 2024 telah bersiap-siap dengan menyiapkan 5.000 lampion yang akan menjadi hiasan warna-warni menghiasi sepanjang Gladag – Pasar Gede.

Tidak hanya lampion, tetapi panitia juga menjanjikan pesta kembang api yang meriah pada malam 9 Februari. Puncak acara tersebut akan bersinergi dengan Grebek Sudiro, sebuah perhelatan yang diadakan oleh Kelurahan Sudiroprajan. Dengan 5.000 lampion gantung yang dipasang di sepanjang area tersebut, acara ini dijamin akan memberikan pesona tersendiri bagi warga Solo.

Lampion-lampion yang dipersiapkan tidak sembarangan. Selain lampion gantung standar, akan ada pula variasi lampion ukuran jumbo seperti lampion 12 shio, lampion keluarga barongsai, lampion dewa uang, dan sebagainya. Semua hiasan ini akan memeriahkan suasana Imlek hingga akhir bulan Februari atau Cap Go Meh.

Salah satu yang paling dinantikan adalah lampion khusus berbentuk naga. Sejumlah lampion naga akan dipasang di berbagai titik strategis untuk menambah keberagaman dan keceriaan perayaan Imlek. Menariknya, bentuk naga dipilih karena tahun ini merupakan tahun naga yang melambangkan kekuatan, kemuliaan, kehormatan, keberuntungan, dan kesuksesan.

Berbagai dekorasi naga akan ditempatkan di Simpang Bank Indonesia, Plaza Balai Kota, dan bahkan ada maskot naga spesial yang diimpor langsung dari China. Tak hanya itu, malam 9 Februari juga akan disulap menjadi lebih berwarna dengan penyalaan kembang api yang akan menghiasi langit Kota Solo.

Panitia Imlek Bersama Kota Solo tidak hanya berfokus pada aspek dekoratif semata. Mereka juga berkolaborasi dengan Panitia Grebeg Sudiara dari Kelurahan Sudiroprajan untuk menyajikan rangkaian kegiatan menarik. Mulai dari karnaval, bazar kuliner, panggung hiburan, hingga kegiatan sosial seperti donor darah dan kirab barongsai.

Wakil Wali Kota Surakarta, Teguh Prakosa, menyampaikan harapannya agar perayaan Imlek yang berkolaborasi dengan Grebeg dapat menjadi teladan bagi kota-kota lain. Selain memperkaya kehidupan budaya, kerjasama ini diharapkan dapat menjadi contoh nyata bagaimana keberagaman dan kebhinekaan dapat terus terjaga dengan baik di tengah masyarakat.

Dengan persiapan yang matang dan antusiasme yang tinggi, perayaan Imlek di Kota Solo tahun 2024 semakin menjanjikan menjadi salah satu acara nasional yang tak terlupakan. Mari bersama-sama merayakan kebahagiaan dan keberagaman dalam semangat Imlek yang penuh kegembiraan!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

0

Visitors today

0

Visits total

424,061

Visitors total

329,916

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta