Pemerintah Kota Surakarta
Waspada Penyakit Leptospirosis saat Musim Hujan
  April 2, 2024 11:15

Musim hujan merupakan musim yang identik dengan meningkatnya curah hujan dibandingkan biasanya dalam jangka waktu tertentu secara tetap. Musim hujan dapat menyebabkan terjadinya berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri. Salah satu penyakit penyerta banjir yang jarang diketahui oleh masyarakat adalah penyakit Leptospirosis.

Leptospirosis adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Leptospira Interrogans. Penyakit ini termasuk ke dalam penyakit zoonis, yaitu penyakit yang ditularkan dari hewan ke manusia. Penyakit Leptospirosis ditularkan melalui kencing tikus dan bakteri dapat masuk melalui kulit yang sedang luka saat kontak dengan banjir. 

Penyakit ini sering terjadi di daerah dengan iklim tropis dan memiliki curah hujan tinggi. Saat banjir, kencing tikus bisa mengalir bersama air yang diinjak dan masuk ke dalam tubuh manusia. Banyaknya genangan air saat hujan dapat menyebabkan mudahnya bakteri leptospira berkembang biak.

Gejala penyakit leptospirosis seperti demam mendadak, lemah, mata merah, kekuningan pada kulit, sakit kepala, hingga nyeri pada otot betis. Penyakit ini dapat menimbulkan bahaya jika menginfeksi manusia.

Penyakit ini tidak boleh disepelekan karena dapat menyebabkan masalah yang serius. Pencegahan leptospirosis bisa dilakukan dengan beberapa tindakan, seperti menggunakan sarung tangan dan sepatu boots saat membersihkan rumah serta selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah beraktivitas.

 

Jika kamu mengalami gejala Leptospirosis, segera lakukan pemeriksaan ke fasilitas kesehatan terdekat ya!

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

25

Visitors today

15

Visits total

425,321

Visitors total

330,661

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta