Pemerintah Kota Surakarta
Uniknya Olahraga Berkonsep Militer di Kota Solo
  May 10, 2024 11:15

 

Spartan Komando atau Sparko adalah komunitas olahraga modern yang dibentuk pada pertengahan tahun 2015 oleh prajurit Komando Pasukan Khusus (Kopassus) bernama Mayor Inf Eka Wira Darmawan. Awalnya, komunitas ini merupakan sebuah program Multiple Endurance Training (MET) yang diciptakan oleh beberapa prajurit pasukan khusus Indonesia (Kopassus). Latihan tersebut mengusung konsep Street Workout, Military Crossfit, Balance Training, dan High Intensity Interval Running (HIIR) yang hanya diperuntukkan untuk para prajurit Kopassus.

 

Seiring dengan perkembangan waktu, olahraga ini banyak peminatnya. Eka Wira kemudian membuka kesempatan untuk masyarakat sipil bergabung dan berlatih bersama. Sparko memiliki berbagai jenis gerakan, mulai dari jogging, push up, sit up, dan gerakan senam kombinasi, seperti lunges, lying leg raises, high knees, spiderman push up dan squats diamond push up. Masing-masing gerakan dilakukan sebanyak 5-10 kali dan dilakukan sebanyak 5 set setiap latihan.

 

Kini, Sparko sudah bisa dinikmati di beberapa kota di seluruh Indonesia, salah satunya kota Solo. Sparko di Kota Solo dilaksanakan di Stadion Manahan. Untuk dapat bergabung dengan komunitas Sparko, masyarakat umum tidak dipungut biaya alias gratis. Stadion yang berlokasi di Jalan Adi Sucipto Nomor 1, Manahan, Banjarsari ini memiliki sederet fasilitas lengkap. Fasilitasnya meliputi area parkir yang luas, lapangan tenis, lapangan bisbol, sirkuit motor, sirkuit sepeda, ruang billiard, hingga taman.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

1

Visits total

425,986

Visitors total

331,051

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta