Pemerintah Kota Surakarta
Rekomendasi Wisata Edukatif Terbaik di Kota Solo
  June 6, 2024 11:15

Program edu wisata adalah program yang menyediakan wisata belajar kepada masyarakat di berbagai tingkat pendidikan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Wisata edukasi memberikan manfaat positif dan dapat memperkuat identitas budaya masyarakat setempat.

Kota Solo merupakan salah satu kota di Jawa Tengah yang memiliki beragam jenis destinasi wisata, mulai dari yang ramah anak hingga edukatif. Tidak hanya memberikan suasana yang menyenangkan, tempat-tempat wisata ini bisa digunakan sambil belajar berbagai hal. Berikut ini tempat wisata edukatif di Kota Solo:

  1. Solo Safari

Solo Safari merupakan pusat edukasi satwa yang berlokasi di Jalan  Ir. Sutami No.109, Jebres, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Satwa-satwa tersebut tidak dikurung di dalam kandang, tetapi disediakan area sesuai dengan habitat mereka di alam bebas.

  1. Monumen Pers Nasional

Tempat wisata ini mengajak para pengunjung, mulai dari kalangan anak-anak hingga dewasa untuk bisa mendapatkan informasi mengenai sejarah. Di dalam monumen pers terdapat koleksi koran di seluruh Indonesia per masing-masing wilayah atau provinsi.

  1. Museum Radya Pustaka

Museum Radya Pustaka berlokasi di kompleks Taman Sriwedari dan merupakan museum tertua nomor dua di Indonesia. Museum ini menyimpan beberapa pusaka peninggalan sejarah.

 

  1. Museum Lokananta

Bagi kamu pecinta musik, kamu bisa mengunjungi museum Lokananta yang berlokasi di Kerten, Laweyan. Museum ini menjadi tonggak penting dalam perjalanan musik nusantara. Banyak koleksi yang disimpan di Lokananta, seperti piringan hitam, gamelan, hingga studio musik.

  1. Rumah Budaya Kratonan

Rumah Budaya Kratonan menjadi ruang edukasi sejarah bagi generasi muda yang ingin belajar tentang sejarah perpolitikan Indonesia. Terdapat berbagai kegiatan yang dilakukan di Rumah Budaya Kratonan, seperti latihan menari, gamelan, bahasa Jawa, bahasa Inggris, hingga diskusi budaya melalui buku maupun film.

 

  1. Taman Balekambang

Taman wisata dan hutan kota ini berada di wilayah Manahan, Banjarsari, Surakarta. Ada sejumlah tumbuhan langka di taman ini, seperti kenari, beringin putih, beringin sungsang, dan apel cokelat. Masyarakat bisa belajar mengenai konservasi alam di taman Balekambang.

  1. Keraton Solo

Keraton Solo menjadi salah satu wisata yang ramah anak dan edukatif. Pengunjung bisa berfoto dengan latar bangunan bersejarah yang telah berusia ratusan tahun. Selain itu, masyarakat juga bisa mengunjungi Museum Keraton Solo.

  1. Pura Mangkunegaran

Wisata edukasi ini berlokasi di Jalan Ronggowarsito, Keprabon, Banjarsari, Surakarta. Pengunjung bisa melihat keindahan bangunan yang berusia ratusan tahun. Pura Mangkunegaran ini memiliki pendapa terbesar di Indonesia.

 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

141

Visitors today

128

Visits total

505,396

Visitors total

401,138

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta