Pemerintah Kota Surakarta
Rekomendasi Pusat Oleh-Oleh Haji di Solo
  June 14, 2024 11:15

Ibadah haji adalah salah satu rukun Islam yang kedudukannya sangat penting dalam agama Islam. Ibadah haji biasanya dilakukan pada bulan Dzulhijjah. Saat pulang setelah melaksanakan ibadah haji, jemaah membeli oleh-oleh untuk diberikan kepada saudara, keluarga, hingga tetangga. Hal itu menjadi salah satu tradisi yang dilakukan oleh jemaah haji Indonesia.

 

Agar meringankan barang bawaan saat pulang dari Tanah Suci, sebagian jemaah membeli oleh-oleh haji ketika sudah sampai di Tanah Air. Kota Solo memiliki berbagai pusat oleh-oleh haji dan umrah. Berikut beberapa pusat oleh-oleh haji yang ada di Kota Solo.

  • Toko Tayyiba

Toko ini berlokasi di Jl. Kapten Mulyadi No.175, Ps. Kliwon, Kec. Ps. Kliwon, Kota Surakarta. Toko Tayyiba menyediakan berbagai produk herbal,makanan, minuman, hingga perlengkapan ibadah haji dan umrah. Toko ini buka setiap hari, mulai pukul 08.00-20.00 WIB.

  • Toko ZamZam

Selanjutnya ada toko ZamZam yang berlokasi di Jalan Kapten Mulyadi Nomor 289, Pasar Kliwon, Surakarta. Di toko ini pembeli bisa memilih produknya sendiri. Toko ZamZam menjual berbagai perlengkapan haji dan umrah, seperti sajadah, tasbih, sarung, souvenir, hingga camilan khas Arab. Toko ZamZam buka setiap hari, pukul 7.30-21.00 WIB.

  • Toko Sultan

Toko Sultan berlokasi di Jalan Kapten Mulyadi No. 182, Pasar Kliwon, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta. Toko ini melayani pembelian grosir berbagai perlengkapan haji dan umrah. Pembeli dari luar kota juga bisa membeli di toko Sultan dengan memanfaatkan layanan online melalui website sultan.id. Toko Sultan buka setiap hari, mulai pukul 08.00-20.00 WIB.

  • Hajimart

Tempat membeli oleh-oleh haji selanjutnya adalah Hajimart yang berlokasi di Jalan Doktor Moewardi Nomor 23, Penumping, Kecamatan Laweyan. Hajimart melayani pembelian eceran hingga grosir. Buka setiap hari, mulai pukul 09.00-20.00 WIB.

 

Tersedianya pusat oleh-oleh haji di Kota Solo diharapkan dapat mempermudah bagi rombongan haji untuk menyuguhkan oleh-oleh bagi sanak saudara di rumah. Oleh karena itu momentum naik haji dapat menjadi pintu kebahagiaan bersama baik bagi peserta haji maupun sanak saudara dan tetangga terdekat.

 

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

5,904

Visitors today

5,133

Visits total

522,148

Visitors total

415,793

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta