Pemerintah Kota Surakarta
HUT Ke 79 Provinsi Jawa Tengah Usung Logo Unik
  August 18, 2024 11:30

Provinsi Jawa Tengah pada tahun 2024 kali ini memasuki usia 79 tahun. Pada kesempatan HUT kali ini, Provinsi Jawa Tengah mengusung sebuah logo dengan tampilan yang unik serta makna filosofis yang mendalam. Berikut ini filosofi yang terkandung pada logo HUT ke 79 Provinsi Jawa Tengah.

 

  • Angka “79” dalam logo memiliki makna yang menggabungkan elemen tradisional dengan filosofi Jawa
  • Tokoh Wayang Arjuna, melambangkan kepemimpinan yang bijaksana, keberanian, dan integritas. Hal tersebut sebagaimana cermin semangat masyarakat Jawa Tengah dalam menjaga nilai-nilai budaya luhur
  • Angka 7 dalam bentuk keris melambangkan kekuatan dan kewibawaan, sebagaimana kemajuan yang berakar pada budaya dan tradisi
  • Angka 9 dengan garis lengkung yang dinamis, mewakili kemakmuran dan pertumbuhan yang berkelanjutan, hal tersebut menunjukkan bahwa Jawa Tengah bergerak menuju masa depan yang gemilang dengan energi dan semangat yang tidak terhentikan. Angka 9 juga mewakilkan sembilan filosofi jawa yang menjadi landasan kehidupan. Sembilan filosofi jawa tersebut yaitu hidup bermanfaat; mengusahakan keselamatan, kebahagiaan, dan kesejahteraan; bijak dan sabar; menang tanpa merendahkan; tabah; tidak manja; tidak rakus; berlaku jujur dan tidak merasa pandai; selalu semangat.
  • Kombinasi angka 7 dan 9 menggambarkan persatuan dan kerja sama, terdapat warna merah yang melambangkan keberanian dan semangat. Loho ini merupakan cermin sinergi pemerintah dan masyarakat Jawa Tengah menuju masa depan yang gemilang.

 

Peluncuran logo unik HUT ke 79 Provinsi Jawa Tengah juga selaras dengan tema yang diusung yaitu “Maju Gemilang”. Tema tersebut sesuai dengan harapan untuk Provinsi Jawa Tengah untuk terus maju dengan mengintegrasikan kekayaan budaya dan nilai-nilai luhur yang ada. Semoga dengan bertambahnya usia Provinsi Jawa Tengah kali ini, berbagai hal yang diupayakan dapat benar-benar menjadikan Jawa Tengah kian maju dan gemilang.

Agnia Primasasti
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

169

Visitors today

166

Visits total

522,375

Visitors total

416,009

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta