Pemerintah Kota Surakarta
Mbok Kedul, Kuliner Kota Solo Yang Melegenda
  June 6, 2017 19:07

Salah satu kuliner yang cukup melegenda di Kota Solo adalah warung Mbok Kedul. Warung ini berada di jalan Slamet Riyadi, jaraknya sekitar 100 meter dari Stasiun Purwosari. Bubur gudeg disini berbeda dengan gudeg ditempat lain, bedanya terletak pada buburnya yang gurih, tidak terlalu kental juga tidak terlalu encer, rasa gudegnya juga tidak terlalu manis jadi sangat pas bila dipadupadankan dengan bubur nasinya.
Warung Mbok Kedul mulai buka pukul 13.00 sampai sekitar pukul 22.00. Kini Mbok Kedul juga tak hanya dikonsumsi warga sebagai sekadar pengisi perut. Ketika kuliner sudah menjadi gaya hidup, bubur gudeg, ketan bubuk kedelai/juruh, dan lontong opor hidangan Mbok Kedul menjadi konsumsi pemburu rasa dan keotentikan jajanan rakyat. Keotentikan itulah yang menjadi kekuatan Mbok Kedul. Keotentikan tersebut dijaga antara lain dengan mempertahankan nama Mbok Kedul. Resep juga sesuai yang digunakan Mbok Kedul sejak awal.
Bubur Gudeg disini telah menjadi kenangan bagi orang Solo yang telah merantau ke kota lain. Jadi ketika kembali ke kota Solo mereka biasanya mampir ke warung Mbok Kedul untuk bernostalgia bersama semangkuk Bubur Gudeg Mbok Kedul.

novita rusdiyana
[yarpp]
Pemerintah Kota Surakarta

DISKOMINFO SP

Kompleks Balai Kota Surakarta

Jl. Jend. Sudirman No.2, Kota Surakarta, Jawa Tengah
Kode Pos 57133
(0271) 2931667

Site Statistics

Visits today

2

Visitors today

2

Visits total

425,223

Visitors total

330,605

©️ 2022 Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian Kota Surakarta